bdadinfo.com

Deretan Putra Minang Sumatera Barat di Mata Uang 3 Negara Asing Bestie Inggris, Nomor 3 Mantan Presiden - News

Deretan putra Minang di mata uang 3 negara asing setia dengan Inggris, nomor 3 mantan presiden (Facebook Anak Anak Minang)

- Putra berdarah Minang Sumatera Barat ternyata nggak cuma diakui di Indonesia saja lho.

Putra berdarah Minang ternyata diakui oleh negara asing lho. Buktinya putra berdarah Minang dicetak di 4 negara, tiga adalah negeri asing yang setia dengan Inggris.

Wah siapa sih putra berdarah Minang yang dicetak di 4 mata uang negara. Yuk simak yuk selengkapnya.

Baca Juga: Waduh Jalan Tol Padang Sicincin Kok Nggak Habis Fikri Sih, Desain Tol Paling Ribet Ini Buat Petani Emosi Murka

Kamu tentu tahu putra berdarah Minang yang dicetak di uang Indonesia adalah Bung Hatta. Sang proklamator ini dicetak di mata uang kertas 100 ribu bersama dengan Bung Karno.

Bung Hatta merupakan putra Minang kelahiran Bukittinggi. Nah selain Bung Hatta ada putra berdarah Minang yang dicetak di mata uang Indonesia adalah Tuanku Imam Bonjol yang lahir di Bonjol, Pasaman.

Ternyata bukan cuma Bung Hatta dan Tuanku Imam Bonjol, putra Minang yang dicetak di mata uang negara. Ada putra Minang lain yang dicetak negara asing lho. Siapa saja sih, kamu warga Minang mesti bangga kan.

Baca Juga: Umbrella Girl Basuntiang Road Race di Bukittinggi Tuai Kontroversi, Lembaga Adat Nyatakan Sikap

1. Sultan Hasanah Bolkiah

Tahu kan Sulhan Bolkiah ada pemimpin Brunei Darussalam. Wajah sultan itu dicetak di mata uang Brunei.

Ternyata Sultan Brunei itu asal usulnya adalah berdarah Minang lho. Dia ada keturunan asal Piobang Payakumbuh.

Dikutip dari Facebook Anak Anak Minang, dituliskan Mohd. Jamil al-Sufri dalam bukunya Tarsilah Brunei: The Early History of Brunei up to 1432 AD menyebutkan, dari silsilah raja-raja Brunei Darussalam, pendiri kerajaan ini adalah Awang Alak Betatar atau yang bergelar Sultan Muhammad Shah, berasal dari Minangkabau.

Baca Juga: Lontong Pical, Kuliner Sumatera Barat yang Cocok Dijadikan Menu Sarapan

2. Tuanku Abdul Rahman Tuanku Muhammad

Putra berdarah Minang lain yang dicetak di mata uang negara asing yaitu Tuanku Abdul Rahman Tuanku Muhammad.

Tuanku Abdul Rahman Tuanku Muhammad merupakan Yang Dipertuan Agung Malaysia pertama. Wajah putra asal Minang ini dicetak di mata uang 50 Ringgit.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat