bdadinfo.com

Mengejutkan! Kepulauan Mentawai jadi Daerah Tertinggal di Sumbar padahal Punya Potensi Wisata yang Besar - News

Kabupaten Kepulauan Mentawai (YouTube Kemenparekraf)

- Kabupaten Kepulauan Mentawai yang terkenal akan keindahan alam serta potensi pariwisatanya menjadi satu-satunya daerah di Sumatera Barat yang masuk dalam daftar daerah tertinggal tahun 2020-2024.

Hal ini berdasarkan Peraturan Presiden no 63 tahun 2020 tentang penetapan daerah tertinggal tahun 2020-2024.

Daerah tertinggal sendiri merupakan istilah untuk daerah kabupaten atau wilayah dengan masyarakat yang kurang berkembang jika dibandingkan dengan daerah lain dalam skala nasional.

Baca Juga: Mengenal Budi Harto Pimpinan PT Hutama Karya yang Memimpin Proyek Tol Trans - Sumatera

Ternyata Kabupaten Kepulauan Mentawai masuk menjadi salah satu dari 62 daerah tertinggal yang ditetapkan berdasarkan Perpres tersebut.

Adapun kriteria yang menjadikan disebutnya Kabupaten Kepulauan Mentawai menjadi daerah tertinggal bisa dilihat dari beberapa faktor.

Di antaranya dari segi perekonomian masyarakat, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, kemampuan keuangan daerah, aksesibilitas, hingga karakteristik daerah yang bersangkutan.

Baca Juga: Berpotensi Makan Korban, Warga Jihad Keluhkan Proyek Jembatan Terbengkalai

Kriteria-kriteria tersebut kemudian diukur berdasarkan indikator dan sub indikator tertentu hingga dihasilkan kesimpulan bahwa suatu daerah dinyatakan sebagai daerah tertinggal.

Adapun dilansir dari laman Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Pj Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Fernando J Simanjuntak menyatakan pihaknya terus berupaya memacu pembangunan meliputi infrastruktur, kesehatan, dan peningkatan SDM agar dapat keluar dari daftar daerah tertinggal.

Untuk dapat keluar dari status daerah tertinggal perlu diupayakan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan seperti pembangunan jalan trans Mentawai hingga pembangunan jembatan.

Baca Juga: Terungkap Jumlah Harta Kekayaan Hendri Septa Wali Kota Padang: Jumlahnya Bikin Kaget!

Adapun dalam rangka pembangunan SDM menurut Fernando J Simanjuntak dilakukan melalui pembangunan sekolah-sekolah, pemberian beasiswa, hingga pembangunan sarana kesehatan.

Ketiga faktor tersebut yakni pendidikan, infrastruktur, serta kesehatan menjadi senjata utama yang dimiliki oleh Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk bisa meninggalkan status daerah tertinggal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat