bdadinfo.com

Penduduk di Wilayahnya Paling Sejahtera se-Sumatera Barat, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta Punya Harta Rp5,9 M! - News

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta.  (Instagram @der1asta)


- Sawahlunto merupakan sebuah kota yang berada di Sumatera Barat dan terpisah dari kota Padang sejauh 95 km dan merupakan kota terbesar di provinsi sebelah barat Pulau Sumatera tersebut.

Berdasarkan data statistik yang dimiliki oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat, Kota Sawahlunto menjadi daerah yang penduduknya paling sejahtera secara ekonomi dari seluruh wilayah yang ada di Sumatera Barat.

Data yang dimiliki oleh BPS dari tahun 2020-2022 menunjukkan, Sawahlunto yang dipimpin oleh Wali Kota, Deri Asta tersebut hanya memiliki 1,47 ribu penduduk miskin. Menjadikannya daerah yang paling makmur se-Seumatera Barat.

Baca Juga: Semakin Maju! Inilah 4 Gedung Pencakar Langit di Sumatera Barat

Kota Sawahlunto sendiri merupakan sebuah daerah yang sejak masa kolonial Belanda terkenal dengan cadangan mineralnya yang besar, meski dalam prosesnya telah mengalami pasang surut.

Wali Kota, Deri Asta sendiri memimpin Sawahlunto sejak 17 September 2018. Ia bersama Wakil Wali Kota, Zohirin Sayuti berhasil memenangkan pemilihan umum Sawahlunto dan resmi menjabat.

Deri Asta naik ke kursi Wali Kota Sawahlunto melalui Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN). Pria yang lahir 5 Oktober 1973 tersebut sebelumnya juga tercatat sebagai anggota DPRD Sawahlunto.

Baca Juga: Istri Wakil Presiden, Wury Ma’ruf Amin Dorong Peningkatan Kompetensi UMKM Kriya di Sumatera Barat

Selain politisi, Deri Asta dikenal juga sebagai seorang pengusaha. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang ia laporkan pada 31 Desember 2021. Sang wali kota memiliki harta sekira Rp5,9 miliar.

Harta yang dimilikinya paling banyak melalui sebidang tanah di Sawahlunto yang ditaksir senilai Rp3.5 miliar. Selain itu, Deri Asta juga memiliki tanah di wilayah lain, tepatnya di Jakarta Barat.

Urusan kendaraan, aset Deri Asta yang terlapor adalah sebuah mobil Mercedes-Benz GLC 200 tahun 2020 dan satu sepeda motor Honda Scoopy tahun 2018.

Baca Juga: Taeyong NCT Coba Makanan Padang Bareng Jerome Polin! Gak Nyangka Suka Menu Ini

Berdasarkan yang terlapor dalam data Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Deri Asta diketahui juga memiliki sejumlah surat berharga yang bernilai Rp1.400.000.000, harta bergerak lainnya sekira Rp264.510.000 dan kas setara kas sebesar Rp573.865.617.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat