bdadinfo.com

DPR-RI Bersama BP2MI Gelar Sosialisasi Peluang Kerja Luar Negeri dan Migrasi Aman di Bukittinggi - News

DPR-RI dan BP2MI memberikan kesempatan bagi warga Kota Bukittinggi untuk bekerja di luar negeri. (Harianhaluan.com/Vesco)

- Anggota DPR-RI, Ade Rezki Pratama, membuka acara Sosialisasi Peluang Kerja Luar Negeri dan Migrasi Aman di Aula Kantor Camat Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi, Minggu 23 Juli 2023.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh DPR-RI bersama Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) ini memberikan kesempatan bagi warga Kota Bukittinggi untuk bekerja di luar negeri.

Dalam acara tersebut, Ade Rezki Pratama menyoroti masalah pekerja migran Indonesia yang mayoritas berasal dari Jawa.

Namun, ia menegaskan bahwa saat ini terdapat peluang kerja di Sumatera Barat yang perlu dimanfaatkan dengan baik oleh para calon pekerja migran.

Baca Juga: Bendi dan Kandang Kuda di Rumah Kelahiran Bung Hatta jadi Simbol Status Sosial Keluarga sang Proklamator

"Ini mudah-mudahan menjadi jawaban atas kekhawatiran masyarakat terkait informasi yang simpang siur mengenai peluang kerja di luar negeri," ujar Ade Rezki Pratama dalam sambutannya.

Menurutnya, salah satu faktor yang membuat beberapa warga kurang berminat untuk bekerja di luar negeri adalah kurangnya informasi yang jelas mengenai prosedur dan kesempatan kerja tersebut.

Oleh karena itu, acara sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pencerahan dan semangat baru bagi warga Bukittinggi untuk mengambil peluang bekerja di luar negeri.

Tak hanya itu, Ade Rezki Pratama juga menyinggung tentang persepsi negatif terhadap pekerja migran Indonesia yang sering terpampang di media.

Baca Juga: Bank Nagari Cabang Bukittinggi Gelar Pertandingan Sepakbola Persahabatan

Ia menegaskan bahwa tidak semua pekerja migran mengalami perlakuan buruk seperti yang ditampilkan di televisi. Sebagian besar kasus buruk yang terjadi disebabkan oleh pelanggaran prosedur oleh pekerja migran itu sendiri.

"Tidak semuanya pekerja kita yang mendapatkan perlakuan buruk seperti di tv atau media. Sebagian besar, kasus yang terjadi pada pekerja migran yang tidak menjalankan prosedur sesuai dengan semestinya," ujarnya.

Dalam acara sosialisasi ini, BP2MI memberikan informasi lengkap tentang prosedur migrasi yang aman dan legal.

Mereka juga memberikan wawasan mengenai hak dan perlindungan yang akan diterima oleh pekerja migran Indonesia di negara tujuan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat