bdadinfo.com

5 Tokoh Suku Koto dari Minangkabau di Sumatera Barat, Ada yang Crazy Rich Juga - News

Istano Pagaruyuang (Kemendikbud)




- Pada awal pembentukan budaya Minangkabau, terdapat empat suku atau marga menurut tambo alam Minangkabau. Salah satunya, suku Koto yang memiliki sejumlah tokoh di Indonesia.

Nama suku Koto memiliki arti benteng dalam bahasa Sanskerta dan kota karena adanya warga yang bermukim di dalamnya. Suku ini melahirkan deretan tokoh berprestasi dari Sumatera Barat.

Berikut adalah tokoh-tokoh asal Sumatera Barat yang memiliki suku Koto:

1.       Nasrul Koto

Nasrul Koto adalah pesepak bola berdarah Minang yang aktif pada tahun 1983 hingga 1997, sebelum akhirnya menjadi pelatih klub sepak bola. Ia lahir di Binjai, Sumatera Utara pada 10 Juni 1965.

Nasrul merupakan pencetak gol terbanyak di Liga Galatama tahun 1987. Ia juga tergabung dalam tim Merah Putih yang memenangkan medali emas pada SEA Games 1987.

Baca Juga: Dihadiri Wawako Ekos Albar, DPRD Kota Padang Hearing dengan PKL Pasar Raya

2.       Hardimen Koto

Hardimen Koto merupakan wartawan, analis, pengamat, komentator, agen pemain, dan konsultan manajemen sepak bola. Ia lahir di Padang pada 18 Juli 1963.

Sebagai seorang jurnalis sepak bola, Hardimen pernah melakukan liputan eksklusif ke sejumlah turnamen besar, seperti Piala Dunia dan Liga Champions Eropa.

Kemudian, ia menjadi pengamat terkenal yang muncul di berbagai kanal TV. Lalu, memulai bisnis menjadi agen pemain sepak bola asing.

3.       Basrizal Koto

Basrizal Koto atau biasa dipanggil Basko adalah pengusaha besar yang merintis kesuksesannya dari nol. Ia lahir di Padang Pariaman, Sumatera Barat pada 11 Oktober 1959.

Bisa disebut sebagai Crazy Rich Padang, Basko menjalankan bisnis di berbagai bidang, di antaranya percetakan, pertambangan, media, peternakan, properti, dan perhotelan.

4.       Wempy Dyocta Koto

Wempy Dyocta Koto merupakan pengusaha dan konsultan manajemen. Ia lahir di Padang Panjang, Sumatera Barat pada 14 Oktober 1976.

Wempy mendirikan Wardour and Oxford, sebuah perusahaan konsultan pengembangan bisnis internasional.

Baca Juga: Peletakan Batu Pertama Jembatan Wisata Carocok, Rusma Yul Anwar: Kita  Kembalikan Citra Pariwisata Pessel

Ia berperan penting dalam kesuksesan sejumlah waralaba di Indonesia dan peluncuran produk dan layanan global.

5.       Zainuddin Tamir Koto

Zainuddin Tamir Koto atau biasa dipanggil Zatako adalah seorang sastrawan Indonesia. Ia lahir di Gasan Ketek, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat pada 14 Desember 1941.

Zatako berprofesi sebagai wartawan di bidang kebudayaan dan olahraga sejak tahun 1960-an. Karyanya berbentuk puisi dan cerpen yang dicetak di beberapa media di dalam dan luar negeri, serta menulis dua buah novel.***



Terkini Lainnya

Tautan Sahabat