bdadinfo.com

10 Provinsi yang Menjadi Tujuan Turis Datang ke Indonesia, Salah Satunya Ternyata Sumatera Barat - News

10 Provinsi tujuan turis, salah satunya Sumatera Barat (BPS)

- Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada tahun 2022 mencapai total 5,47 juta. Turis yang datang naik sekitar 251,28 persen jika dibandingkan dengan 2021.

Turis yang datang ke Indonesia menggunakan angkutan udara pada Desember 2022 meningkat sebesar 28,36 persen. Ada 3 bandara dan Provinsi yang mengalami kenaikan jumlah kedatangan Turis seperti Bandara Minangkabau, Sumatera Barat.

Pada Bandara Minangkabau, Provinsi Sumatera Barat kenaikan dari turis yang datang sebesar 331,88 persen. Kemudian ada Bandara Sultan Hasanuddin, Sulawesi Selatan kenaikannya 190,87 persen.

Baca Juga: Ini Dia Jalan Tol Pertama di Sumatera, Nasibnya Bagaimana Kini

Lalu yang ketiga adalah Bandara Internasional Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami kenaikan sebesar 165,49 persen.

Terdapat sepuluh peringkat provinsi yang menjadi tujuan para turis terbanyak ketika datang ke Indonesia.

Pada peringkat pertama kunjungan turis terbanyak ke Indonesia adalah Bali dengan jumlah 2.15 juta atau 46,72 persen pada bulan Januari sampai dengan Desember 2022.

Pada peringkat kedua ialah DKI Jakarta dengan persentase sebesar 13,03 persen. Ranking tiga untuk total wisatawan mancanegara yang mengunjungi Provinsi Kepulauan Riau yaitu 11,81 persen.

Baca Juga: Jejak Pengasingan Soekarno di Bengkulu, Pembaharuan Semangat Kemerdekaan Hingga Pertemuan dengan Fatmawati

Pada peringkat keempat adalah Nusa Tenggara Barat dengan persentase sebesar 3,76 persen. Ranking lima untuk total wisatawan mancanegara yang mengunjungi Provinsi Jawa Timur yaitu 3,41 persen.

Pada peringkat enam ialah Jawa Barat dengan persentase sebesar 3,4 persen. Ranking tujuh untuk total wisatawan mancanegara yang mengunjungi Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu 3,37 persen.

Pada peringkat kedelapan ialah Riau dengan persentase sebesar 2,84 persen. Ranking sembilan untuk total wisatawan mancanegara yang mengunjungi Provinsi Sumatera Utara yaitu 1,91 persen.

Pada peringkat sepuluh kunjungan turis terbanyak ke Indonesia adalah Provinsi Sumatera Barat dengan jumlah persentase sebesar 1,87 persen pada bulan Januari sampai dengan Desember 2022.

Baca Juga: Ayo Buruan! Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor di Sumatera Utara Sampai 30 September 2023

Turis yang datang ke Indonesia berdasarkan kelompok kebangsaannya pada Desember 2022 jika dibandingkan dengan Desember 2021 terbanyak adalah Afrika.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat