bdadinfo.com

Jejak Sinar Riau, Sang Legendaris yang Pernah Menguasai Jalur Lintas Sumatera - News

Sinar Riau Sang Legendaris yang Pernah Menguasai Jalur Lintas Sumatera

- PO Sinar Riau merupakan perusahaan otobus legendaris yang berasal dari provinsi Riau.

Saking legendarisnya, sampai dibuat menjadi sebuah lagu berjudul Oto Banamo la Si Sinar Riau oleh seorang seniman lagu Minang bernama Aji Sutan Sati.

Bus Sinar Riau populer di rute Pekanbaru Duri Dumai Bukittinggi Padang Payakumbuh 50 kota pada masanya.

Baca Juga: Aplikasi Al-Quran Diblokir Buntut Donasi ke Palestina, UAH: Terimakasih Google...

Hal itu ketika masih melewati jalan berliku tajam jalan sempit dan tikungan Kelok 9 yang legendaris sebelum adanya jembatan layang sekarang tentu ada kenangan manis dan kenangan pahit di sana.

Pada tahun 1965 PO Sinar Riau berdiri di kota Pekanbaru pendiri PO Sinar Riau adalah Pak Haji Abdul Rahman Safei bisnis awal PO Sinar Riau adalah jasa transportasi angkutan umum barang dan penumpang.

Menggunakan bus bus bermesin Chevrolet Celine pool digunakan untuk merintis PO Sinar Riau ini po sinaryo merintis di trayek Pekanbaru Duri dumai dan Pekanbaru Payakumbuh Bukittinggi Padang.

Baca Juga: Deretan Pelaku Kasus Dugaan Korupsi Lahan Tol Padang Sicincin Dibebaskan Majelis Hakim, Kenapa Ya?

Pada pertengahan tahun 1970-an PO Sinar Riau mulai mengganti Armada Celimpul menjadi Mercedes benzan diesel Hino Fuso dan merk lainnya yan bermesin diesel sejak tahun 1980 sampai tahun 2000-an.

Sinar Riau Sang Legendaris yang Pernah Menguasai Jalur Lintas Sumatera, Ini foto-foto Jadulnya....
Sinar Riau Sang Legendaris yang Pernah Menguasai Jalur Lintas Sumatera, Ini foto-foto Jadulnya....

PO Sinar Riau terus berkembang dan sempat menjadi Landmark atau penanda kalau kita telah berada di provinsi Riau bus Sinar Riau sangat banyak berlalu Lalang di jalur lintas Sumatera khususnya Pekanbaru Dumai dan Pekanbaru Bukittinggi.

Livery atau corak bus Sinar Riau sangat simpel berwarna dasar putih dengan paduan warna hijau merah dan kuning dengan tulisan merk Sinar Riau yang berwarna merah livery PO Sinar Riau sangat nyaman di mata dan sangat Elok dipandang.

Baca Juga: Kabupaten Sijunjung Punya Deretan Destinasi Wisata yang Mempesona, Nomor 1 Ada Pasir Putih di Sungai

Pendiri PO Sinar Riau adalah seorang yang berpikiran maju tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada berbekal PO Sinar Riau, Pak Haji Abdul Rahman Syafel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat