bdadinfo.com

Menuju Bukittinggi Bebas Rabies, Pemerintah Ajak Masyarakat Vaksin Hewan Peliharaan - News

Pemerintah Kota Bukittinggi menggelar vaksinasi Rabies massal untuk Hewan Penular Rabies (HPR) di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan. (Ilustrasi/freepik.com)

- Dalam upaya mencapai target Provinsi Sumatera Barat bebas Rabies pada tahun 2030, Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Bukittinggi, Abdul Halim, menyatakan langkah strategis dengan menggelar vaksinasi Rabies massal untuk Hewan Penular Rabies (HPR) di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan. Kegiatan ini direncanakan akan berlangsung mulai tanggal 2 hingga 14 Agustus 2023.

Dalam menyongsong pelaksanaan vaksinasi massal yang sukses, partisipasi aktif dari aparat yang berwenang serta dukungan masyarakat Kota Bukittinggi sangat diharapkan untuk mencegah penyebaran rabies yang masih tinggi di daerah ini.

Abdul Halim mengajak warga untuk turut berperan serta dengan memberitahukan RT dan RW di kelurahan masing-masing untuk mengumumkan kegiatan ini melalui masjid dan mushalla.

Baca Juga: Istri Mantan Bupati Pesisir Selatan Lisda Hendrajoni ‘Kenceng’ Masalah Anak di DPR, Wow! Punya Kekayaan Segini

"Diharapkan peran serta dan partisipasi aktif dari aparat yang berwenang dan masyarakat Kota Bukittinggi dalam rangka pencegahan berjangkitnya rabies," tulisnya melalui surat edaran.

Selain itu, masyarakat pemilik HPR diharapkan membawa hewan peliharaan mereka ke Kantor Kelurahan atau posko yang telah ditetapkan oleh kelurahan pada pukul 14.00 WIB guna mendapatkan vaksinasi Rabies.

"Diharapkan agar masyarakat membawa HPR ke Kantor Kelurahan atau ke posko yang tetapkan oleh kelurahan membawa HPR yang akan divaksin pada posko tersebut pada pukul 14.00 WIB" ujarnya.

Baca Juga: Umur 26 Sudah Jadi Bupati di Sumbar dan punya Tanah Lebih dari 30 Hektar, ini Dia Sosoknya

Vaksinasi massal ini akan mencakup anjing, kucing, dan kera sebagai upaya pencegahan berjangkitnya rabies. Dengan demikian, diharapkan Kota Bukittinggi dapat mencapai status bebas Rabies sesuai target pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Dukungan dari seluruh lapisan masyarakat diharapkan dapat mengakselerasi tercapainya hasil yang optimal dalam program pencegahan rabies ini.

Vaksinasi massal ini merupakan langkah nyata dalam menjaga kesehatan masyarakat serta melindungi keselamatan hewan peliharaan yang dicintai.

Baca Juga: Habiskan Rp 22,9 Miliar, Ini Fasilitas Rusun Tiga Lantai Polda Sumbar

Pemerintah Kota Bukittinggi mengajak masyarakat bergandengan tangan dan berkomitmen bersama untuk mencapai tujuan bersama Sumatera Barat Bebas Rabies 2030.

Diharapkan masyarakat dapat menjadi bagian dari upaya positif ini dengan membawa HPR Anda untuk divaksin dan menyebarkan informasi tentang pentingnya pencegahan rabies kepada tetangga dan kerabat. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat