bdadinfo.com

Beberkan Manfaat Proyek Jokowi di Air Bangis, Eks Wali: Ini Kebangkitan Sumatera Barat - News

Ilustrasi demo warga Air Bangis dan Presiden Jokowi (HarianHaluan.com / Instagram@jokowi)

- Mantan Wali Nagari Air Bangis, Efif Syahrial menyayangkan aksi unjuk rasa besar-besaran hingga ke Masjid Raya Sumbar. Hal itu terkait proyek strategis nasional (PSN) era Jokowi.

"Saya pemimpin di antara kalian. Sampai mati saya akan jadi pemimpin, maka perhatian dan kasih sayang itu saya lakukan," katanya dikutip dari tayangan YouTube Padang TV.

Menurut Efif, jika proyek strategis ini berjalan, maka manfaatnya akan sangat luar biasa, bukan hanya untuk warga Air Bangis, tapi juga untuk masyarakat Sumatera Barat, untuk Indonesia.

Baca Juga: Tangis Eks Wali Nagari Air Bangis Dukung PSN: Satu Rupiah pun Haram Saya Makan!

"Contoh, itu ada bijih besi. Di zaman akhir jabatan saya, kita dapat Rp 9 ribu per ton. Kalau 50 tibu ton biji besi ini di kapalkan, mana yang besar hasilnya? Paham kan," kata dia.

"Rakyat sejahtera, Ninik mamak sejahtera, pemerintah nagari dapat uang untuk kepentingan masyarakat, kan luat biasa. Sekarang ada proyek luar biasa, ini kembangkitan Sumatera Barat," sambungnya.

Efif menyebut, rencana PSN itu dicetuskan pada tahun 2014. Kala itu, ia bahkan sempat mempertanyakan apa manfaat dari proyek tersebut untuk warga Air Bangis.

Baca Juga: Eks Wali Nagari Air Bangis Bongkar Praktik Curang di Balik Kisruh Proyek Sumbar

"Itu saya pertanyakan, bukan tidak. Dengan tegas mereka mengatakan, ini adalah investasi luar biasa. Memerlukan tenaga kerja 30 ribu orang. Bayangkan, Berapa banyak lapangan pekerjaan bisa terserap," bebernya.

"Sementara sebagai wali saya tahu, ada ratusan putra-putri kita di setiap nagari dilantik di universitas di seluruh Sumatera Barat tapi banyak yang masih menunggu pekerjaan. Lalu kesempatan emas ini kenapa kita tidak terima?" kata dia.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Bandara-bandara di Sumut, Pilihan Terbaik untuk Menjelajah Nusantara

Tak hanya itu, Efif juga menegaskan, bahwa dirinya sempat mempertanyakan nasib anak-anak yang tak sekolah.

"Langsung mereka jawab kita sekolah kan pak wali, dan itu sudah dibuktikan. Gubernur sudah membangun SMK di samping lokasi. Sudah dimulai. Insya Allah mungkin di tahun ajaran ini akan ada penerimaan murid pertama," tuturnya.

Baca Juga: Duduk Perkara Kisruh di Masjid Raya Sumbar Versi Eks Wali Nagari Air Bangis

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat