bdadinfo.com

Deretan Daerah Penghasil Mangga Terbesar di Sumatera Barat, Bukan Padang Juaranya Tapi... - News

Deretan Daerah Penghasil Mangga Terbesar di Sumatera Barat, Bukan Padang Juaranya Tapi...

HARIANHALUA.COM - Ternyata ada deretan daerah penghasil mangga terbesar di Sumatera Barat (Sumbar). Di mana Sumbar adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera dengan ibu kota Padang.

Provinsi Sumbar terletak sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.

Dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.012,89 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Baca Juga: PLN Presentasikan Sumbar Langit Biru Lewat Merah Putih Light Carnival

Sumbar adalah rumah bagi etnis Minangkabau, walaupun wilayah adat Minangkabau sendiri lebih luas dari wilayah administratif Provinsi Sumbar saat ini.

Pada tahun 2023, provinsi ini memiliki penduduk sebanyak 5.640.629 jiwa dengan mayoritas beragama Islam.

Sumbar terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari.

Baca Juga: Harta Kekayaan Mahyeldi Naik Dua Kali Lipat Cuma Dua Tahun Jadi Gubernur Sumbar Semakin Tajir Melintir

Berdasarkan data dari BPS tahun 2022 inilah deretan daerah penghasil mangga terbesar di Provinsi Sumbar sebagai berikut.

1. Kabupaten Pasaman Barat

Pasaman Barat adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Sumbar, Indonesia.

Daerah ini dibentuk dari hasil pemekaran Kabupaten Pasaman berdasarkan UU No.38 Tahun 2003 tanggal 18 Desember 2003.

Dengan ibu kota kabupaten di Simpang Ampek. Kabupaten Pasaman Barat merupakan salah satu dari 3 (tiga) Kabupaten Pemekaran di Provinsi Sumbar.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 38 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Dharmasraya, Solok Selatan dan Pasaman Barat. Kabupaten Pasaman Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat