bdadinfo.com

Inilah 7 Minuman Khas Sumatera Barat yang Wajib Dicoba - News

Minuman kawa daun   (bosmeal.com)




- Selain terkenal dengan rendang, makanan khas dari Sumatera Barat. Tanah Minangkabau juga memiliki minuman khasnya. Minuman khas dari Minangkabau ini selain bisa melepaskan dahaga, juga memiliki efek yang bagus untuk badan.

Minuman ini bisa dijumpai di beberapa daerah di Indonesia, namun minuman ini sangat mudah dijumpai di Sumatera Barat. Berikut list 6 minuman yang berasal dari Minangkabau:

1. Teh Talua

Teh talua di Minangkabau adalah minuman wajib bagi kebanyakan masyarakat di Minangkabau. Teh talua biasanya dinikmati di pagi hari untuk menambah stamina dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Teh talua biasanya dibuat dari telur ayam kampung dan gula yang dikocok dengan lidi sampai berwarna putih, setelahnya ditambahkan dengan air teh yang panas. Untuk teh talua mempunyai varian rasa yang berbeda, ada yang dicampur dengan tapai ada juga yang dicampur dengan pinang.

Baca Juga: Viral di Medsos, Mahasiswa UIN Sjech M Djamil Djambek Bukitinggi Demo Gubernur Sumbar saat PBAK

2. Aia Aka

Aia aka dikenal dengan ubek tawa, minuman ini sangat mudah ditemukan di Sumatera Barat. Terbuat dari sari pati daun cincau yang mengandung manfaat selain untuk melepaskan dahaga juga untuk menurunkan panas dalam, menghilangkan perut kembung dan juga mencegah kanker. Aia aka dibuat dari bahan alami, biasanya dicampur dengan santan, air gula merah maupun air daun kacang.

3. Kawa Daun

Sedikit berbeda dari teh, kahwa daun adalah teh yang terbuat dari daun kopi. Kawa daun telah menjadi tradisi di Minangkabau untuk dikonsumsi, kawa daun secara lokal dianggap sebagai minuman sehat dengan rasa yang nikmat. Manfaat kesehatan dari senyawa aktif dalam daun kopi ini membuat teh daun kopi menjadi minuman populer di Minangkabau.

Baca Juga: Deretan 5 Lagu Daerah Sumatera Barat yang Paling Terkenal, Beserta Makna di Balik Lirik Lagu Tersebut

4. Jus Pinang mudo

Jus pinang mudo sudah lama dikonsumsi oleh orang Minangkabau, jus yang memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh dan menjaga imun tubuh ini diblender dengan campuran jahe, lengkuas, telur maupun dengan susu. Jus pinang mudo adalah minuman populer untuk kaum lelaki karena bisa menambah vitalitas lelaki.

5. Aia Tajin

Air yang diperoleh dari rebusan beras, sangat digandrungi oleh anak-anak di Minangkabau. Aia tajin dengan kandungan karbohidrat yang tinggi sangat bagus dikonsumsi untuk anak-anak yang memiliki aktivitas padat. Selain itu aia tajin juga berguna untuk pencegahan kanker, mengatasi masalah pencernaan serta mencegah penyakit alzheimer.

6. Aia Niro

Aia Niro atau air aren juga menjadi minuman khas dari Minangkabau. Aia Niro didapatkan dari batang aren yang sudah bisa dipanen kolang kalingnya. Untuk mendapatkan airnya hanya perlu mengambil tandannya dan memukul tandan tersebut selama 4 hari, barulah tandan tersebut menghasilkan air. Setelah itu, tandan dipotong bagian ujungnya dan digantungkan air yang keluar harus ditampung oleh bambu.

Baca Juga: Pertempuran Kerajaan karena Cinta Ditolak: Asal Usul Legenda Putri Tujuh dari Dumai

7. Aia Daun Kacang

Yang terakhir adalah aia daun kacang, minuman ini populer di kalangan anak-anak maupun orang tua. Aia kacang daun berasal dari daun kacang tujuh jurai. Biasanya air daun kacang yang diperas diminum dengan campuran air tebu atau air gula merah. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat