bdadinfo.com

Cegah Banjir dan Longsor di Sumbar, Polda Ajak Forkopimda Hijaukan Lingkungan dengan Cara Menanam Pohon - News

Cegah Banjir dan Lonsor di Sumbar, Polda Ajak Forkopimda Hijaukan Lingkungan dengan Cara Menanam Pohon (IST)

 

- Bertajuk Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) bersama Forkopimda melakukan penanaman pohon.

Pantauan penanaman pohon tersebut dilakukan di Hutan Kota Malvinas, Kelurahan Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo, Rabu 23 Agustus 2023 pagi.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, S.Ik. SH yang diikuti oleh Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto dan berserta Pejabat Utama Polda Sumbar, Forkopimda Sumbar dan pengurus Bhayangkari Daerah Sumbar.

Baca Juga: Jelang Semi Final Piala AFF U23 Lawan Thailand, Ramadhan Sananta Diharapkan Makin Gacor

Dalam kesepatan itu, Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono mengatakan bahwa kegiatan penanaman pohon ini dilaksanakan serentak se-Indonesia, dengan bertajuk Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini.

"Kita melihat baru-baru ini mulai musim penghujan, kemarau, tidak bisa diprediksi. Sehingga di daerah tertentu terjadilah sebagian karena penambangan hutan secara liar yang berakibat banjir," katanya.

Maka dari itu, sebut Irjen Pol Suharyono, perlu dilakukan pencegahan dan upaya penanggulangan. Melalui penghijauan, setidaknya dapat meminimalisir bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Baca Juga: Sadis! Diduga Sakit Hati, Mertua di Solok Ini Habisi Menantu dengan Parang

"Polri memiliki komitmen yang sama bahwa di wilayah kita harus hijau. Dalam artian kita harus mencegah becanda banjir, tanah longsor dengan penghijauan ini," ujarnya.

"Perintah ini dilaksanakan seluruh Polri dan melibatkan forkopimda baik di tingkat pusat sampai kewilayahan. Dan pastinya akan terus berlanjut, berkesinambungan," tambah Kapolda Sumbar.

Jenderal bintang dua tersebut mengatakan, terdapat 22 hektar lahan yang disediakan dan bisa untuk dilakukan penanaman pohon. Lahan ini merupakan kawasan hutan kota di Padang.

Baca Juga: Bandel! Pemotor Masih Nekat Lawan Arah di Lenteng Agung Meski Sudah Ada Kecelakaan Maut

"Yang kita tanam pohon keras, seperti pohon trembesi dan lainnya. Dengan harapan ke depan akan tumbuh akhirnya sesuai yang kita harapkan," ungkapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat