bdadinfo.com

Sudah Uji Laik Fungsi, Jembatan Kembar Rangka Baja Terpanjang di JTTS Siap Dilalui, Aceh-Sumut Punya Nih! - News

Jembatan Kembar Rangka Baja Terpanjang di JTTS (YouTube: Masbro Tutorial Official)

- Jembatan Sungai Wampu merupakan jembatan kembar rangka baja terpanjang yang ada di mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). 

Jembatan Sungai Wampu ini berada di ruas Jalan Tol Binjai  Langsa. Jembatan kembar rangka baja terpanjang ini membentang diatas sungai yang memiliki diameter cukup besar.

PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) selaku pengembang jalan tol memberikan perhatiannya tersendiri pada pembangunan jembatan kembar rangka baja terpanjang di Jalan Tol Trans Sumatera ini.

Baca Juga: Dermawannya Tjong A Fie, Pengusaha Tambang di Sumatera Barat yang Suka Bangun Masjid dan Santuni ‘Orang Kecil’

Pada trase Jalan Tol Binjai Pangkalan Brandan sendiri setidaknya melewati dua sungai besar, antara lain sungai Wampu dan Sungai Batang Serangan.

Mengatasi hal tersebut, pengembang membuat jembatan sepanjang 230 meter di atas Sungai Wampu dan jembatan sepanjang 178 meter di atas Sungai Batang Serangan.

Jembatan kembar rangka baja terpanjang ini juga telah melakukan kegiatan Uji Laik Fungsi pada tanggal 17 hingga 20 Agustus 2023 lalu. 

Baca Juga: Pantas Jadi Termegah di ASEAN, Mesin Bor Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan Panjangnya Ngalahin Gedung 25 Lantai!

Uji Laik Fungsi dilakukan oleh Kepala Balai Jembatan beserta tim, Tim Teknis KKJTJ, PT Hutama Karya, BBPJN Sumatera Utara, dan PT Uji Jembatan Indonesia. 

Jembatan ini merupakan jembatan rangka baja menerus 3 bentang yang memiliki panjang total 231 m, dengan panjang bentang utama 130 m dan bentang pendekat 50,55 m.

Terkait proses pengujian, Uji Laik Fungsi dilakukan dengan melakukan pengukuran frekuensi alami (uji dinamik) dan lendutan (uji statik). 

Baca Juga: Jalan Tol Pekanbaru Padang ini Cuma Satu, Tapi Terowongannya Ada 5, Ternyata Ini Alasannya 

Sebelum dilaksanakannya uji laik fungsi, juga telah dilakukan pengecekan beban truk dan pengecekan torsi spesifikasi 680 Nm.

Sebagai informasi, ruas Jalan Tol Binjai Langsa merupakan jalan bebas hambatan yang akan menghubungkan Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Aceh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat