bdadinfo.com

Upacara HUT RI 77 di Gunung Talang Berlanjut Aksi Pungut Sampah, Pendaki Apresiasi Bupati Solok - News

Upacara HUT RI 77 di Gunung Talang Berlanjut Aksi Pungut Sampah, Pendaki Apresiasi Bupati Solok/IST

News - Disebut-sebut sebagai gunung dengan pemandangan terindah di Sumatera Barat, Gunung Talang menjadi tempat yang dipilih Bupati Solok, Epiyardi Asda untuk melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77. Kegiatan itu pun diikuti oleh ribuan pendaki dari berbagai daerah. 

Usai melaksanakan upacara, Epiyardi menyampaikan selamat dan rasa terimakasih kepada masyarakat dan penggiat pecinta alam yang turut berpartisipasi memeriah HUT RI Ke-77 di gunung kebanggaan masyarakat Solok tersebut.

“Selamat dan terima kasih kepada penggiat pencinta alam se Indonesia yang telah ikut hadir dan berpartisipasi dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 77 bersama Pemkab Solok di puncak Gunung Talang.

Selain dalam rangka memperingati HUT RI Ke-77, kegiatan tersebut juga dijadikan Epiyardi sebagai ajang promosi pariwisata. 

"Karena Gunung Talang ini merupakan salah satu kebanggaan masyarakat Kabupaten Solok. Di puncak ini kita akan melihat empat danau sekaligus yang ada di Kabupaten Solok. Pemandangannya sangat indah," kata dia.

Sebelum turun gunung, Epyardi melaksankan aksi bersih-bersih sampah, bahkan ia rela menginap semalam lagi diluar jadwal yang sudah ditetapkan agar bisa melaksanakan pembersihan di area perkemahan cadas puncak Gunung Talang.

"Saya meminta setiap pendaki agar mengumpulkan bekas sampahnya sendiri dan sampah-sampah disekitar untuk dibawa turun," ucapnya. 

Aksi Bupati Solok ini diapresiasi oleh komunitas pendaki gunung bernama, Muda Lestari asal Kota Padang.

“Sebagai pegiat alam kami mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Bupati Solok, beliau memberikan contoh baik kepada para pendaki bagaimana menjaga alam"

"Sebelumnya kami cukup perihatin dengan keadaan Gunung Talang yang cukup kotor akibat Sampah. Aksi beliau ini tentu akan berpengaruh besar terhadap Kebersihan alam. Khususnya Gunung Talang,” ucap Febri salah seorang anggota komunitas kepada pada 18 Agustus 2022.

Selain itu febri juga mengatakan sosok Bupati Solok memiliki kepedulian terhadap kelestarian alam dan mengerti dengan filosofi mendaki gunung.

“Bagi saya beliau sosok yang mengerti dengan filosofi mendaki gunung dan memiliki rasa cinta terhadap kelestarian alam,” ujarnya. 

Diketahui Epiyardi sebagai Bupati Solok sengaja mengajak ASN dan THL di lingkup pemerintah Kabupaten Solok untuk melaksanakan peringatan hari kemerdekaan RI yang ke-77 di puncak Gunung Talang, guna dapat menghayati bagaimana perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

"Saya berharap terkhusus pada generasi muda mari kita isi kemerdekaan ini dengan semangat sehingga dapat mewujudkan apa yang menjadi cita-cita bagi pendiri bangsa dan negara yang kita cintai ini," ucap dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat