bdadinfo.com

Berada di Gedung Tinggi Ketika Gempa? Jangan Panik, Ikuti Prosedur Penyelamatan Diri Berikut Ini - News

Ilustrasi orang di gedung tinggi

- Gempa kembali melanda Indonesia, tepatnya di Garut pada 3 Desember 2022 dengan kekuatan 6,4 Skala Richter. Gempa ini dipicu oleh pergerakan Strike-slip dan tidak berpotensi tsunami.

Kepanikan yang melanda saat terjadi gempa, terkadang membuat orang ingin cepat-cepat keluar dari bangunan. Lalu, bagaimana jika Anda berada di gedung tinggi yang memerlukan waktu cukup lama untuk keluar?

telah merangkum bagaimana prosedur penyelamatan diri ketika terjadi gempa saat berada di dalam gedung tinggi. Begini caranya.

Baca Juga: Gempa Terus Guncang Indonesia, Ini Langkah-Langkah Mitigasi yang Tepat

1. Saat terjadi gempa dan kebetulan sedang berada di gedung tinggi sangat disarankan untuk tidak berdiri agar meminimalisir guncangan yang diterima tubuh.
2. Dengan segera mencari tempat yang bisa melindungi diri dari reruntuhan. Dibawah meja misalnya atau furniture yang kokoh.
3. Jika tidak ada benda koko yang bisa melindungi diri, lindungilah wajah dan kepala menggunakan lengan kemudian segera merapat ke sisi atau sudut dinding. Hal ini bisa mencegah tertimpa reruntuhan bangunan yang biasanya berada di tengah ruangan.
4. Sebisa mungkin hindari dan jauhi lah benda-benda yang mudah pecah, seperti kaca.
5. Sangat disarankan untuk tetap diam di dalam ruangan hingga guncangan gempa berhenti dan aman untuk keluar.
6. Saat gempa terjadi dan berada di gedung tinggi, hindarilah penggunaan elevator atau eskalator untuk turun, tapi gunakanlah tangga darurat.
7. Prioritaskan penyandang cacat.

Itulah prosedur penyelamatan diri jika terjadi gempa saat berada di dalam gedung tinggi yang bisa dengan mudah diterapkan. ***

Ikuti berita-berita hiburan terupdate dan menarik lainnya di Hops.ID member of Haluan Media Group

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat