bdadinfo.com

Menteri KKP Terpilih Jadi Tokoh Transformasi Tata Kelola Perikanan - News

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono menerima Gatra Award Tahun 2022 sebagai Tokoh Transformasi Tata Kelola Perikanan. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Pemimpin Redaksi Majalah Gatra, Mukhlison S. Widodo pada ajang Gatra Award 2022 yang dilaksanakan Senin Malam (12/12) di Jakart

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono terpilih sebagai Tokoh Transformasi Tata Kelola Perikanan.

Menurutnya, dengan terpilihnya sebagai tokoh transformasi pihaknya bisa menjadi semangat untuk Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang turut mengusung perikanan maju dan berkelanjutan sesuai dengan ekonomi biru.

"Ini akan menjadi bagian dari penyemangat untuk saya dan tim di KKP, dalam menghadirkan tata kelola kelautan dan perikanan yang maju dan berkelanjutan sesuai prinsip ekonomi biru," ujar Trenggono dalam keterangannya, Selasa (13/12/2022).

Lebih lanjut, Trenggono bersama dengan pihaknya akan mengusung beberapa program ekonomi biru untuk mentrasformasi sektor kelautan dan perikanan di Indonesia, yaitu berupa perluasan target kawasan konservasi perairan menjadi 30 persen, penerapan kebijakan penangkapan ikan terukur, dan pengembangan budidaya ramah lingkungan.

Baca Juga: KKP Minta Operator Kabel Laut Ikut Sukseskan Program Ekonomi Biru

Lalu pengelolaan berkelanjutan pesisir dan pulau-pulau kecil, serta penanganan sampah plastik di laut melalui program Bulan Cinta Laut.

Implementasi lima program ekonomi biru di antaranya untuk pemerataan pembangunan di wilayan pesisir, menjaga ketahanan pangan nasional khususnya yang mengandung protein, mengatasi pencemaran sampah plastik di laut, hingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Trenggono juga menegaskan ekologi adalah panglima terdepan, yang apabila ekosistemnya rusak juga akan mempengaruhi ketahanan pangan serta udara yang tercemar.

"Kalau laut rusak, tidak sehat, udara yang kita hirup juga akan bermasalah. Laut yang sehat juga untuk menjaga ketahanan pangan seiring semakin tingginya kebutuhan protein dunia," jelasnya.

Baca Juga: BBI Kota Pariaman Jadi Pusat Edukasi dan Pelatihan Budidaya Ikan

Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik, Doni Ismanto menambahkan, KKP selama ini aktif mensosialisasikan program ekonomi biru sebagai solusi pengelolaan laut berkelanjutan.

Sosialisasi bukan hanya di dalam negeri, tapi juga di luar negeri untuk menegaskan komitmen Indonesia dalam menjawab tantangan global, di antaranya krisis iklim dan ketahanan pangan.

"Kita harus kolaborasi. Itulah kenapa kami gencar mensosialisasikan program ekonomi sebagai solusi pengelolaan laut berkelanjutan," tutup Doni.(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat