bdadinfo.com

Mengenal Sosok Try Sutrisno, Ajudan Soeharto yang Akhirnya jadi Wakil Presiden RI ke-6 - News

Try Sutrisno

 - Kabar Meninggalnya Try Sutrisno melalui broadcast sudah dipastikan hoax setelah rumah sakit pusat angkatan darat (RSPAD) mengungkap keadaan mantan wakil presiden tersebut.

Saat ini Try Sutrisno berusia 87 tahun dan dikabarkan sedang dalam keadaan sehat dan semakin baik.

Baca Juga: 4 Tips Sehat dan Bugar Ala Try Sutrisno Wakil Presiden RI ke-6 Untuk Generasi Muda

Try Sutrisno merupakan salah satu mantan wakil presiden yang memiliki latar belakang militer pada tahun 1993 hingga 1998.

Sejak berakhir masa jabatannya sebagai wakil presiden, Jenderal TNI AD ini digantikan oleh BJ. Habibie melalui sidang umum MPR tahun 1998.

Mantan wakil presiden Indonesia ini memiliki karir militer yang cukup cemerlang sejak dirinya diterima menjadi taruna di Akademi Teknik Angkatan Darat (Atekad) pada tahun 1956.

Baca Juga: 4 Tips Sehat dan Bugar Ala Try Sutrisno Wakil Presiden RI ke-6 Untuk Generasi Muda

Pada tahun 1957 dirinya pertama kali terlibat perang dalam melawan pemberontakan PRRI.

Kabarnya, sebelum menjadi ajudan Soeharto, Try Sutrisno sudah mengenalnya sejak masa operasi pembebasan Irian Barat pada tahun 1962.

Dua belas tahun setelah itu Try Sutrisno terpilih menjadi ajudan Soeharto yang membuat dirinya semakin memiliki karir yang cemerlang.

Tidak berhenti di situ, pada tahun 1978 Try Sutrisno juga diangkat sebagai kepala komando daerah  staf di KODAM XVI / Udayana sebelum akhirnya diangkat menjadi panglima KODAM V pada tahun 1983.

Agustus 1985 pangkatnya dinaikkan lagi menjadi  Letjen TNI sekaligus menjadi Wakil Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad) mendampingi Jendral Rudhini kala itu.

Tidak sampai setahun menjadi Wakasad, dirinya diangkat menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) menggantikan Rudhini.

Terlihat disini bahwa karirnya dalam militer sangat lejit bahkan pada awal tahun 1988 ia dipromosikan menjadi pembantu Presiden dalam melaksanakan kewenangan komando penyelenggaraan pertahanan keamanan negara (Pangab).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat