bdadinfo.com

Antisipasi Menghadapi Cuaca Buruk Di Indonesia Lakukan 4 Hal Penting Ini - News

Ilustrasi cuaca buruk (pixabay)

Kondisi cuaca buruk yang diprediksi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) di beberapa wilayah Indonesia, menjadi perhatian masyarakat di tengah aktifitas libur Nataru 2022. 

Isu tersebut langsung diluruskan oleh pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Dimana pada tanggal tersebut hanya terjadi cuaca buruk dengan hujan intensitas sedang hingga intensitas lebat lebat dan tidak menimbulkan badai.
 
Pihak BMKG juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik terhadap informasi mengenai cuaca buruk dan terus update informasi dari laman resmi BMKG.
 
Namun perlu kamu ketahui bahwa terdapat hal-hal yang kamu persiapkan untuk menghadapi cuaca yang buruk.
 
Ini dia hal yang perlu kalian persiapkan untuk menghadapinya.
 
1. Perlindungan Ekstra
Ditengah musim penghujan seperti ini ada baiknya kalian mempersiapkan perlindungan ekstra terutama untuk tubuh kalian agar tidak basah. Seperti, jas hujan dan payung.
 
Hal tersebut sangat penting terutama bagi kamu yang berkegiatan diluar rumah. Dengan mempersiapkan hal tersebut kalian dapat terhindar dari penyakit pada cuaca buruk.
 
2. Pantau Informasi Cuaca Dari Sumber Terpercaya
Memantau informasi dari sumber yang kredibel atau terpercaya merupakan hal yang sangat penting. Dimana pada masa ini banyak berita hoaks yang bertebaran mengenai cuaca buruk di Indonesia.
 
Kalian dapat memantau informasi cuaca dari laman resmi atau sosial media milik BMKG. Jika mendapatkan informasi yang meragukan langsung cari tahu fakta sebenarnya.
 
3. Mempersiapkan Kebutuhan Darurat
Ada baiknya kita mempersiapkan kebutuhan darurat yang harus dimiliki ketika menghadapi cuaca buruk untuk berjaga-jaga akan risiko yang tidak diinginkan.
 
Kebutuhan darurat yang perlu kalian siapkan adalah air bersih, pakaian, makanan dan minuman darurat.
 
4. Mempersiapkan Obat-Obatan Secara Mandiri
Salah satu cara yang paling efektif adalah menyiapkan pengobatan sederhana di rumah 
 
Hal itu dapat mengurangi dampak penyakit yang diakibatkan dari cuaca buruk yang terjadi di Indonesia
 
Kalian bisa menyiapkan obat-obatan untuk mengatasi demam, radang, flu, batuk, dan sakit kepala sebagai obat dasar yang harus kalian miliki di rumah. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat