bdadinfo.com

Kisah Hellas Verona, Tim Kuda Hitam yang Menjuarai Serie A 1984/1985 - News

Skuad Hellas Verona 1984/1985

Kompetisi Serie A adalah kompetisi sepak bola teratas Italia. Kompetisi tersebut mulai didirikan di tahun 1898. Setelah beberapa kali berganti nama liga, pada tahun 2011 kompetisi teratas Liga Italia resmi dinamai Serie A.

Serie A yang menjadi salah satu liga teratas tertua di dunia ini menghasilkan banyak juara di setiap musimnya. Juventus adalah klub yang tersukses di Serie A dengan koleksi 36 trofi. Posisi kedua diisi oleh Inter Milan dengan koleksi 19 trofi. 

Nama-nama seperti Juventus, AC Milan, Inter Milan, AS Roma, Lazio, Fiorentina, Napoli dan Parma mungkin tak asing bagi penggemar sepak bola. Klub tersebut sering berlaga di kompetisi Serie A ataupun berlaga di kompetisi Eropa. Namun apabila kembali ke Serie A musim kompetisi 1984/1985, bukan Juventus atau AC Milan yang berhasil meraih scudetto melainkan Hellas Verona

Hellas Verona klub yang berasal dari kota Verona ini berhasil meraih scudetto pertamanya di musim 1984/1985. Tanggal 12 Mei 1985 menjadi tanggal yang tak akan pernah dilupakan oleh I Gialloblu. Di tanggal tersebut Hellas Verona memastikan juara Serie A pertamanya setelah ditahan imbang 1-1 dengan Atalanta.

Baca Juga: Mengenang Chievo Verona: Bangkrut dan Kenangan Manis di Era Awal 2000an

Pasukan Osvaldo Bagnoli itu berhasil meraih 15 kemenangan, 12 hasil seri, dan 2 kekalahan di musim Serie A 1984/1995. Raihan 43 poin ini membuat Hellas Verona juara Serie A 1984/1985. Hal yang sepertinya tidak mungkin ini tapi bisa terjadi karena mental juara dari pemain-pemain Hellas Verona.

Era 80an bisa dibilang adalah era keemasan bagi Hellas Verona yang di era tersebut dilatih oleh Osvaldo Bagnoli. Pelatih yang kini berusia 86 tahun ini berhasil meramu skuad Hellas Verona hingga menjuarai Serie A.

Selain faktor dari pelatih yang menguasai pekerjaannya, skuad Hellas Verona juga diisi oleh nama-nama pemain top salah satunya Preben Elkjaer. Pemain internasional Denmark tersebut datang ke Hellas Verona pada musim panas tahun 1984. Elkjaer yang berposisi striker ini berhasil mengantar Hellas Verona menjuarai Serie A di musim pertamanya bersama I Gialloblu. Golnya ke gawang Juventus dan proses golnya tanpa memakai sepatu kaki kanan adalah gol Elkjaer yang paling diingat saat membela Hellas Verona. Hans-Peter Briegel, Pietro Fanna, Antonio Di Gennaro, dan Giuseppe Galderisi adalah sederet pemain yang ikut membantu Hellas Verona juara selain Elkjaer.

Kisah Hellas Verona pada musim Serie A 1984/1985 ini sama seperti yang dilakukan oleh Sampdoria yang menjuarai Serie A 1990/1991 dan juga Leicester City yang berhasil menjuarai Premier League pertamanya pada musim 2015/2016. Ketiga klub tersebut bukan menjadi klub unggulan untuk meraih juara namun mereka berhasil membuktikannya dalam sepak bola tidak ada yang tidak mungkin.

Kini Hellas Verona masih berlaga di Serie A dan di musim lalu Hellas Verona berhasil finish diposisi ke 10. Raihan yang tak buruk bagi klub yang bermarkas di Stadio Marc'Antonio Bentegodi ini. 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat