bdadinfo.com

Motor Matik 125 Punya Banyak Komponen Mesin, Begini Cara Jitu Pilih Pelumas Agar Mesin Awet - News

Mengganti pelumas motor matik 125 Cc (Ist)

- Pasar skuter matik 125 menjadi paling besar karena harga yang lebih terjangkau bagi konsumen. Hingga membuat produsen terus melakukan penyempurnaan, terutama dalam penambahan komponen mesinnya.

Penambahan komponen dalam mesin inilah yang membuat komponen bagian dalam semakin rapat dan penuh. Dengan kondisi ini pemilihan pelumas diharuskan sesuai agar pelumasan komponen mesin yang rapat bisa maksimal mendapat perlindungan.

Motor matic bermesin 125 cc umumnya punya volume tampung oli mesin 700 sampai 800 mililiter. Memilih oli untuk mesin motor matic bermesin 125 cc bukan hal yang sulit, namun tetap butuh kejelian khusus agar mesin bisa tetap terjaga performanya.

Baca Juga: Sisi Lain Hingar Bingar Mobil Baru di GIIAS 2023, Rexco Tawarkan 6 Pelumas Otomotif Favorit

Baca Juga: 2 Jurnalis Diduga Jadi Korban Kekerasan Polisi Saat Liput Protes Warga Dago Elos, AJI: Kejahatan Serius!

Hal itu dikarenakan, pada mesin motor matic terkini sebenarnya terdapat komponen yang lebih banyak jumlahnya sehingga membuat celah antar komponen semakin rapat, dengan begitu saluran untuk mengalirnya oli
menjadi lebih halus.

Mesin 125 cc pada motor matic terkini dikenal punya desain yang mengutamakan dimensi yang compact sekaligus ekonomis namun bisa menghasilkan performa yang mumpuni untuk melintasi rute harian serta menopang beban tingkat sedang. Di pasaran, oli yang cocok untuk motor matic model ini jamak diberi kode SAE 10W-30. Salah satu karakternya punya tingkat kekentalan yang terbilang rendah, secara fisik sedikit lebih kental dibandingkan yang berkode SAE 10W-40.

“Hendaknya konsumen memang bisa benar-benar memahami dengan baik semua kode pada kemasan oli supaya performa kendaraan bisa maksimal, setiap kode pada kemasan oli tidak bisa berlaku secara umum untuk semua jenis mesin motor matic,” buka Hartanto Setiawan selaku Automotive Technical Manager PosXGroup.

Baca Juga: Pelumas Kendaraan untuk Kondisi Macet Bisa Bikin BBM Irit Racikan Mobil 1

Diterangkan kembali oleh Hartanto bahwa sangat penting menggunakan oli mengacu pada manual book atau buku petunjuk kendaraan Anda, misalnya kendaraan yang mempunyai desain mesin rapat membutuhkan tingkat kekentalan oli lebih rendah dengan rekomendasi oli SAE 10W-30.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat