bdadinfo.com

Rangka eSAF, Kerangka Bagian Motor dari Merek Honda yang Perlu Dikaji Ulang tentang Keselamatan para Penumpang - News

Rangka eSAF pada Merek Motor Honda Matic yang Menyuguhkan Kelincahan dan Kenyamanan buat Para Pengendara (motorplus-online.com)

- Saat ini, kebanyakan penduduk di Indonesia lebih banyak menggunakan kendaraan motor, sebagai kendaraan yang paling cepat dan bisa sampai di tempat tujuan dengan tepat waktu.

Bahkan kita bisa melihat ada beberapa daerah di Indonesia yang tidak luput dari penggunaan Motor beroda dua, menjadi alat transportasi yang bisa melakukan apa saja dan membawa pergi kemana saja.

Tetapi baru-baru ini ada beberapa fakta yang tidak diketahui bagi para pengendara motor, khususnya yang belum mempunyai kemampuan maupun keahlian yang dimiliki dalam bidang otomotif.

Baca Juga: Kawana Hotel Padang, Penginapan dengan Fasilitas Kolam Renang Ramah Anak

Seperti Rangka eSAF yang menjadi banyak yang dibicarakan dalam sosial media karena dituding mudah keropos, sehingga inilah yang perlu diselidiki lebih dalam terhadap rangka eSAF ini.

Rangka eSAF sebenarnya telah digunakan pada motor matic keluaran Honda pada tahun 2019 lalu, saat itu rangka eSAF perdana digunakan pada skuter matic seperti Honda jenis Genio.

Belakangan ini , rangka tersebut juga diusung pada beberapa jenis skutik Honda lainnya, sehingga dapat memudahkan pengendara yang tidak ingin lagi menggunakan motor dengan gigi kopling.

Baca Juga: Wow! Rumah Makan Padang Omset per Bulannya Setara Harga Tiket Umrah, Minat Buka? Nih Tipsnya

Kalimat eSAF, merupakan kepanjangan dari Enhanced Smart Architecture Frame, yang merupakan teknologi terbaru dari merek Honda yang digunakan pada Honda Matic jenis Beat dan Genio.

Rangka eSAF pada Honda Geniom, menggunakan proses produksi yang mutakhir seperti proses pada press serta laser welding, struktur ini dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas handling, sehingga sepeda motor mudah dikendarai, ringan, dan nyaman saat bermanuver.

Rangka tersebut, juga mampu memberi pemanfaatan ruang yang semakin efisien terbukti dengan kapasitas luas bagasi yang mencapai 14 Liter dan kapasitas tangki bahan bakar 4.2 Liter dari Honda Genio.

Baca Juga: Rumah Makan Padang Legendaris di Medan, Nomor 1 Sudah Ada Sejak 1972, Gulai Kikilnya Maknyus Numero Uno

Selain itu, tidak banyak yang diketahui bahwa Rangka eSAF saat ini sudah digunakan oleh 4 model Motor Honda seperti Honda Genio, Honda Beat, Honda Scoopy dan Honda Vario 160.

Bagian mesin ini sudah termasuk dalam komponen yang mendapatkan garansi, bahkan PT Astra Honda Motor telah memberikan garansi dan sistem kelistrikan selama 1 tahun atau hingga mencapai 10.000 Kilometer.

Teknologi eSAF Honda ini diimplementasikan pertama kali di Indonesia, sehingga membuat Honda Genio lebih ringan, lincah, dan nyaman untuk dikendarai saat bepergian ke tempat manapun.

Baca Juga: Mengenal Arsitektur Minangkabau, Jadi Proyek Tradisional yang Melegenda di Sumatera Barat Warisan Nenek Moyang

Honda Genio, juga merupakan produk skutik teranyar Honda dengan menggunakan desain casual fashionable sebagai identitas dan tren baru bagi generasi muda Indonesia dalam berekspresi.

Tentu saja, kita sudah dapat mengetahui dan memahami manfaat yang digunakan pada eSAF, sebagai sebagai bagian dari standard untuk menciptakan kenyamanan dan juga keselamatan saat berkendara.

Untuk Pembuatan rangka eSAF, tidak lagi menggunakan pipa, tetapi dengan pelat baja yang ditekuk dan dipres, kemudian di las laser sehingga ada memiliki lipatan atau tulang di sisi-sisinya.

Baca Juga: Mengenal Tumbuhan Anti Kanker Taxus Sumatrana Sebagai Potensi Biofarmasi Endemik dari Hutan Sumatera

Sebanyak 34 komponen sudah dihilangkan dalam penggabungan ini, sehingga jadi lebih simpel dari secara bentuk bagian motor tersebut, rangka hanya terdiri dari rangka utama dan tambahan dua tulang bagian belakang.  

Sebagai pengendara yang baik, tentu harus selalu diperhatikan secara keseluruhan baik pada bagian body, mesin, roda, rem, bagian dalam mesin motor, bagasi dan juga kantung bensin agar tetap utuh.

Paling penting adalah, untuk selalu menjaga keselamatan diri, karena jika ada sekali kesalahan kecil, bisa berujung pada kecelakaan fatal dan kehilangan nyawa dengan cara yang buruk.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat