bdadinfo.com

Benarkah Fernando Santos Dipecat Portugal Gara Gara Ronaldo - News

Benarkah Fernando Santos dipecat Portugal gara gara Ronaldo (Instagram @portugal)

- Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) pada Jumat, 12 Desember 2022, mengumumkan kabar pemecatan Pelatih Timnas Portugal Fernando Santos. Apa benar Fernando Santos dipecat gara gara Ronaldo.

Fernando Santos dipecat selepas gagal membawa Portugal sebagai Juara Piala Dunia 2022 dan hanya mampu melaju hingga perempat final sebelum dikalahkan Maroko pada Sabtu 10 Desember 2022.

Dalam laman resmi FPF menyatakan keputusan ini diharapkan mampu memicu siklus baru yang lebih baik di timnas Portugal. Ada anggapan Fernando Santos dipecat gara gara Ronaldo kan isunya ribut.

Baca Juga: Terungkap, Mahasiswi Gunadarma Ternyata Diajak Teman ke Kosan untuk Beginian

"FPF dan Fernando Santos sepakat untuk mengakhiri perjalanan yang sangat sukses yang dimulai pada September 2014," terang FPF dikutip dari Fotmob, Jumat 1 Desember 2022.

Meskipun gagal di Piala Dunia 2022, FPF tetap mengapresiasi kinerja Fernando Santos selama menjadi pelatih Portugal. Santos yang menjabat sejak 2014 menjadi salah satu pelatih tersukses Portugal sepanjang sejarah.

Di tangan Santos, Portugal berhasil menjuarai Piala Eropa 2016 dan UEFA Nations 2019. Atas kontribusinya, FPF memberikan penghormatan dan mengucapkan terimakasih bagi jasa Fernando Santos.

Baca Juga: Ada Ormas Jadi Relawan di SDN Pondok Cina 1, Inikah yang Disinggung Pemkot Depok?

"Merupakan suatu kehormatan memiliki pelatih dan orang seperti Fernando Santos di kepala tim nasional. FPF berterima kasih kepada Fernando Santos dan tim teknisnya atas jasa yang diberikan selama delapan tahun yang unik dan percaya bahwa terima kasih ini juga dibuat atas nama rakyat Portugis," ujar FPF.

Banyak yang menduga, pemecetan Fernando Santos sebagai pelatih Portugal karena efek Cristian Ronaldo. Sebelumnya Fernando Santos sempat bersitegang dengan mega bintang Portugal itu setelah laga melawan Swiss.

Meski Ronaldo duduk di bangku cadangan, Portugal berhasil menggulung Swiss 6-1. Boleh jadi di mata Santos, kehadiran mantan penyerang Real Madrid itu dinilai tidak memberikan efek yang signifikan bagi Portugal.

Baca Juga: Elkan Baggott Tak Main di Piala AFF 2022 Bersama Timnas Indonesia, Simak Alasannya

Niat hati mengulang kesuksesan yang sama, Portugal justru kalah oleh Maroko di perempat final. Keputusan Santos untuk kembali membuat Ronaldo memulai dari bangku cadangan dinilai menjadi kesalahan yang fatal.

Hal tersebut bahkan diutarakan langsung oleh legenda Portugal, Luis Figo. Mantan pemain Barcelona itu tegas menyatakan Portugal tidak akan memenangkan Piala Dunia dengan Cristiano Ronaldo yang duduk di bangku cadangan.

Keputusan yang masih menjadi perdebatan tersebut pada akhirnya membuat Portugal harus menyerah dengan mimpinya untuk juara dunia. Fernando Santos juga mendapatkan hasil yang setimpal dengan pemecatannya dari kursi pelatih Portugal.(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat