bdadinfo.com

Lompong Sagu: Kelezatan Kuliner Khas Minang yang Hampir Punah - News

Lompong Sagu Khas Minang

- Indonesia memang kaya akan kekayaan kuliner tradisional yang begitu beragam. 

Salah satu kuliner khas yang tak boleh terlewatkan adalah Lompong Sagu, sebuah kue tradisional yang berasal dari masyarakat Minangkabau. Kelezatan dan keunikannya membuat kue ini menjadi buruan para penikmat kuliner yang berkunjung ke Sumatera Barat.

Lompong Sagu adalah kue khas Minang yang kini semakin sulit ditemukan. Terbuat dari tepung sagu yang diaduk dengan pisang kepok, santan, kelapa, dan gula aren, kue ini memiliki cita rasa yang begitu manis.

Baca Juga: Menyeberangi Sungai Opak di Yogyakarta Sekarang Gunakan Jembatan Kretek 2

Proses pembuatannya pun tak mudah, karena harus dipanggang di atas bara hingga menghasilkan aroma khas dari proses pemanggangan sebelumnya. Namun, penggunaan bara sebagai sumber panasnya bukanlah hal yang sederhana.

Pada umumnya, Lompong Sagu dibakar dengan menggunakan sabut kelapa sebagai pengganti tempurung atau batok kelapa. 

Karena tidak boleh terkena api langsung, penggunaan sabut kelapa menjadi alternatif yang digunakan oleh para pembuat kue ini. Namun, hal ini juga memiliki tantangan tersendiri dalam proses pembuatan Lompong Sagu. 

Baca Juga: Proyek Investasi dan Privatisasi Klub Olahraga Diluncurkan oleh Pangeran Mahkota Saudi

Jika tidak hati-hati, daun pisang yang membungkus kue ini bisa gosong sebelum lompongnya matang sempurna.

Setelah dipanggang dengan sempurna, Lompong Sagu disajikan dalam keadaan hangat dan dibungkus dengan daun pisang. Saat Anda mencicipi kue ini, perpaduan rasa manis dan sedikit gurih dengan tekstur kenyalnya akan memanjakan lidah Anda. 

Tak heran jika kue ini menjadi favorit banyak orang, baik dari kalangan lokal maupun wisatawan yang datang ke Sumatera Barat.

Baca Juga: Ditemui Menhan Boris Pistorius di Jakarta, Prabowo: Saya Berjanji akan....

Sayangnya, keberadaan Lompong Sagu semakin langka dan hampir menghilang. Meskipun masih bisa ditemui di beberapa tempat, namun sulitnya menemukan kue ini membuatnya semakin berharga dan bernilai sebagai warisan kuliner Indonesia. 

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga dan melestarikan kekayaan kuliner tradisional seperti Lompong Sagu agar tetap lestari dan dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat