bdadinfo.com

Wajib Dicatat! Ini Deretan Destinasi Wisata Sepanjang Jalan Tol Trans Sumatera yang Tak Boleh Dilewatkan - News

Deretan Destinasi Wisata Sepanjang Jalan Tol Trans Sumatera. (Dok Indonesia Travel)

- Jalan Tol Trans Sumatera akan menghubungkan provinsi Lampung dan Aceh melalui jalan tol. Rencananya, jalur ini akan menghubungkan berbagai kota di pulau Sumatra. Proyek ini diharapkan menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 2.818 km.

Kota-kota yang akan terkoneksi oleh Jalan Tol Trans Sumatera meliputi Lampung, Palembang, Jambi, Pekanbaru, Padang, Medan, hingga Banda Aceh.

Membentang sangat panjang dan melewati berbagai kota, maka dipastikan jalan tol satu ini akan sangat membantu sektor pariwisata.

Baca Juga: Andi Arief Sebut Demokrat Tetap Bersama PKS Meski Ada Partai yang Mengkhianati, NasDem?

Selama menunggu selesainya proyek ini, ada baiknya mencatat beberapa destinasi wisata menarik yang dapat dikunjungi sepanjang jalur ini.

Berikut beberapa tempat wisata yang patut dikunjungi ketika melintasi Jalan Tol Trans Sumatera.

1. Menara Siger di Lampung

Terletak tidak jauh dari Pelabuhan Bakauheni, yang juga merupakan titik awal dari Jalur Trans Sumatra, terdapat sebuah struktur menjulang tinggi yang dikenal sebagai Menara Siger.

Baca Juga: Inilah 7 Minuman Khas Sumatera Barat yang Wajib Dicoba

Bangunan ini memiliki warna merah dan kuning yang mencolok, serta desain arsitektur yang menyerupai mahkota, menjadikannya sebagai simbol yang merepresentasikan identitas masyarakat Lampung.

Dibangun dan diresmikan pada tahun 2008, Menara Siger memiliki bentuk yang terinspirasi dari mahkota tradisional adat Lampung yang dikenakan oleh pengantin wanita.

Menara ini memiliki sembilan kerucut yang melambangkan sembilan bahasa yang digunakan oleh masyarakat Lampung.

Baca Juga: Hemat Ratusan Juta dengan Pindah KPR

Terletak dekat dengan pantai, Menara Siger juga memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk menikmati panorama laut yang memukau. Dengan mengunjungi Menara Siger, wisatawan tak hanya dapat menyaksikan struktur yang menarik, tetapi juga memahami nilai budaya dan sejarah yang terkandung di dalamnya.

2. Jembatan Ampera di Palembang

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat