bdadinfo.com

Lagu Sinanggar Tullo, Lagu Daerah Khas Batak yang Paling Sering Didengar dan Disukai Semua Kalangan - News

Sinanggar Tullo, Salah Satu Lagu Daerah Sumatera Utara yang Menjadi Kebanggan Suku Batak (suarakarya.id)

- Sumatera Utara memiliki beberapa daerah yang memiliki unsur dan nuansa yang kental terhadap Suku Batak, sebagai salah satu suku terbesar di Sumatera dan Indonesia.

Namun di balik kehebatan suku Batak tersebut, ada beberapa hal yang patut tidak boleh dilewatkan saat melihat dan mengetahui selain budaya dan juga tarian daerah yaitu, Lagu Daerah khas Batak.

Lagu Daerah khas Suku Batak ini, memang ada beberapa yang bagus dan memiliki karakter yang unik untuk diingat, tetapi ada satu lagu daerah yang akan kita bahas ini, pernah menjadi lagu kesukaan anak-anak.

Baca Juga: Bimtek Monev KIP, Adrian Tuswandi Sampaikan Pernyataan Pamit

Yaitu Sinanggar Tulo, merupakan salah satu lagu daerah khas Batak, yang menjadi lagu yang paling banyak diingat dan disukai bagi kalangan anak-anak TK maupun SD, sebagai lagu kesukaan Masyarakat Indonesia.

Selain itu, lagu ini terkenal dengan ciptaan yang dibuat oleh komponis, Tilhang Gultom, sehingga lagu ini banyak dipopulerkan saat acara Opera Suku Batak yang dihadiri oleh pengunjung dan wisatawan.

Lagu tersebut, menjadi ikon kebanggaan suku Batak, dan merupakan bagian dari tari tradisional khas Sumatera Utara, yang sudah ada sejak lama.

Baca Juga: Mengunjungi Benteng Fort de Kock, Tembok Kokoh Belanda Saksi Sejarah Perang Paderi di Kota Bukittinggi

Lagu ini menggambarkan tentang perasaan keluh kesah seorang perjaka yang harus menuruti perintah ibunya, sang wanita yang melahirkannya menginginkan putranya untuk mendapatkan kekasih dari keturunan Marga Tobing, yang juga merupakan Pariban.

Inilah lirik lagu Sinanggar Tulo dibawah ini:

Sinanggar tullo tullo a tullo

Sinanggar tullo tullo a tullo

Baca Juga: Deretan Kota Terbesar di Sumsel, Nomor. 3 Ntah Kapan Tidurnya, Nyaris 24 Jam Nonstop Seperti Palembang

Sinanggar tullo tullo a tullo

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat