bdadinfo.com

5 Pulau Eksotis Berpasir Putih dan Air Biru Jernih, Lekat dengan Cerita Rakyat Sumbar ‘Si Boko yang Durhaka’ - News

5 Pulau Eksotis Berpasir Putih dan Air Biru Jernih, Lekat dengan Cerita Rakyat Sumbar ‘Si Boko yang Durhaka’ (padang.go.id)

– Sumatera Barat ternyata tak hanya terkenal dengan legenda Malin Kundang saja, ada juga cerita rakyat lain berjudul ‘Si Boko yang Durhaka’ loh.

Cerita rakyat ini bahkan lekat dengan asal muasal munculnya 5 pulau eksotis yang ada di Padang.

5 pulau tersebut kini juga dijadikan sebagai objek wisata juga sama seperti Pantai Air Manis dengan legenda Malin Kundangnya karena berpasir putih dan memiliki air biru yang jernih mempesona.

Baca Juga: Penjelasan Asal Muasal Terbentuknya Danau Toba di Sumatera Utara, 2 Sudut Pandang dari Sains vs Cerita Rakyat

Cerita Rakyat ‘Si Boko yang Durhaka’ bercerita tentang seorang pemuda bernama Boko yang memutuskan untuk merantau demi memperbaiki nasib.

Saat sudah sukses, ia pun tanpa sengaja berlayar menuju kampung halamannya. Nah di sana, sang ibu yang sudah menua amat gembira bisa bertemu lagi dengan anak yang dirindukannya.

Sayangnya, Boko yang sudah sukses justru tak mau lagi mengakui ibu kandungnya yang dianggap lusuh.

Baca Juga: Cerita Rakyat Sumbar yang Mirip Malin Kundang: Legenda Si Boko Jadi Kisah Asal Muasal Terciptanya 5 Pulau

Sang ibu pun murka dan bersumpah bahwa dirinya adalah ibu kandung Boko meski tak diakui anaknya.

Alam seperti mendengar sakit hati dari sang ibu dan langsung menurunkan bencana pada Boko juga kapal dan awak kapal lainnya yang ikut bersamanya.

Diceritakan pada akhir legenda, muncullah 5 pulau di depan Sungai Pisang yang berhubungan erat dengan cerita rakyat tersebut.

Baca Juga: Aduhai! Objek Wisata Populer di Indonesia Ini Lekat dengan Cerita Legenda, Ada Putri yang Dulunya Seekor Ikan

Kawasan Sungai Pisang adalah salah satu lokasi wisata yang terkenal dengan keindahan alamnya di Kota Padang.

Sungai ini terletak di area Teluk Kabung di Padang, Sumatera Barat dan lokasinya berada paling ujung Kota Padang, sehingga memerlukan waktu tempuh yang cukup lama dari kota.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat