bdadinfo.com

10 Geopark yang Harus Kamu Kunjungi Saat Singgah ke Sumatera Barat - News

Gua Batu Kapal Solok Selatan   (intiruh.blogspot.co.id)




- Indonesia yang memiliki alam yang memukau dan memesona tidak hanya menjadi rumah bagi fauna dan flora endemik saja, tetapi juga menjadi tempat bagi penduduk sekitar untuk mencari kehidupan.

Walaupun alam Indonesia dimanfaatkan untuk mencari kehidupan bagi mayoritas penduduk Indonesia, tidak serta merta penduduk Pribumi menghancurkan alam yang sudah membesarkan mereka.

Sehingga banyak lokasi di Indonesia dijadikan Geopark yang mana masyarakat setempat berperan melindungi dan melestarikan serta meningkatkan fungsi warisan alam, termasuk nilai arkeologi, ekologi dan budaya yang ada di dalamnya. Ini bertujuan supaya alam yang ditempati terjaga dan terpelihara sehingga dapat dinikmati oleh banyak generasi.

Baca Juga: Ini Daftar 5 Caleg DPR RI Dapil Sumatera Mantan Napi Korupsi

Hampir semua wilayah di Indonesia memiliki Geopark, tidak terkecuali dengan provinsi Sumatera Barat, ada 10 geopark yang ada di Sumatra Barat yaitu:

1. Ngarai Sianok

Lembah curam yang memisahkan Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam. Ngarai Sianok yang memiliki pemandangan menawan ini memanjang sebagai garis pembatas dari selatan ngarai koto gadang berakhir di kecamatan palupuh. Ngarai Sianok memiliki kedalaman 100 meter dengan panjang 15 kilometer dan lebar 200 meter ini menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata favorit.

2. Lembah Harau

Lembah Harau yang sering menjadi lokasi syuting ini juga memberikan pemandangan yang tidak kalah memesona, Lembah Harau terletak di dekat kota Payakumbuh. Sebagai area konservasi yang mana wilayah tersebut harus dijaga kelestariannya oleh masyarakat sekitar ini memiliki luas 669 ha. Lembah Harau menjadi tempat tinggal bagi satwa seperti owa, kera, dan berbagai macam burung.

Baca Juga: Wacana Pembangunan Jembatan Selat Sunda Kembali Bergulir, Apakah Akan Terealisasikan?

3. Danau Maninjau

Danau yang terbentuk dari letusan gunung sitinjau yang aktif sekitar 52.000 tahun yang lalu dan menyisakan cekungan yang menjadi danau. Danau Maninjau merupakan sebuah danau berbentuk kaldera yang mana danau terbentuk karena letusan gunung api strato komposit yang berkembang di zona tektonik. Danau Maninjau yang dipakai untuk kehidupan masyarakat sekitar masih memiliki pemandangan yang mempesona.

4. Danau Terusan Kamang

Danau unik yang hanya muncul ketika debit air sedang naik dan akan menjelma menjadi padang rumput yang cantik ketika airnya menyusut. Danau Terusan Kamang yang terletak di kabupaten Agam ini merupakan danau yang paling unik. Disekitar danau ini dikelilingi pepohonan yang membuat udaranya sangat bersih.

5. Danau Singkarak

Masih di daerah Solok, danau Singkarak memberikan pengalaman wisata yang sangat menarik. Wisatawan bisa menikmati panorama danau Singkarak sambil mengelilingi danau ini menggunakan kereta api wisata. Danau yang merupakan bagian dari cekungan Singkarak-Solok yang mana termasuk dalam segmen sesar Sumatra.

Baca Juga: Tak Kalah dengan Pegunungan di Swiss, Inilah Keindahan Puncak Gagoan di Sumatera Barat

6. Kota Tambang Sawahlunto

Kota tambang Sawahlunto yang mana menjadi situs warisan budaya dunia UNESCO ini peninggalan dari penjajahan Belanda. Dijadikan sebagai situs warisan budaya dunia UNESCO dikarenakan kota tambang ini merupakan kota tambang tertua di Asia Tenggara. Tambang yang dilakukan di kota ini adalah tambang batu bara yang mana dibuka pada tahun 1890. Kota tambang ini dikenal dengan sebutan 'the little dutch', pesona peninggalan penjajahan Belanda masih tersisa disini.

7. Danau di Ateh Danau di Bawah

Sering dipanggil dengan danau kembar, danau ini terletak di Alahan Panjang. Danau diateh memiliki tinggi yang lebih dari danau dibawah. Tempat wisata ini memberikan pengunjung pemandangan yang memukau dan juga udara yang sejuk dan bersih. Danau kembar ini dikelilingi oleh lahan pertanian hortikultura yang mana wisatawan bisa membeli sayuran sekalian berwisata.

Baca Juga: Warga Desa di Jambi ini Senang Bukan Main Meski Tidak Dapat Ganti Rugi Lahan Proyek JTTS, Kok Bisa?

8. Gua Batu Kapal Solok Selatan

Gua Batu Kapal yang terletak di daerah Solok Selatan memiliki panorama yang memukau dan sangat indah. Diberi nama Gua Batu Kapal dikarenakan Gua ini memiliki bentuk seperti kapal, maka dari itu penduduk sekitar memberikan nama tersebut ke gua ini. Gua yang terbentuk dari sedimen bebatuan yang berwarna-warni dengan stalaktit dan stalagmit yang menarik, serta gemercik suara aliran air didalam gua menjadikan gua ini menjadi spot favorit untuk menenangkan jiwa.

9. Taman Ranah Minang Silokek

Berlokasikan di Sijunjung, Taman Ranah Minang Silokek menyajikan pemandangan yang tidak akan membuatmu kecewa. Memiliki panorama alam yang memanjakan mata setiap pengunjung, terdapat air terjun, gua yang memesona, dan aliran air yang jernih. Tak dipungkiri bahwa Taman Ranah Minang Silokek menjadi aset pariwisata Sumatra Barat.

Baca Juga: Rp3 Miliar Dana Pusat Mengucur untuk KPM PKH dan BPNT Kota Pariaman

10. Gunung Talamau

Gunung Talamu atau lebih dikenal menjadi gunung Ophir merupakan gunung tertinggi di Sumatra Barat. Gunung ini berdiri bersisian dengan gunung Pasaman, dengan ketinggian 2.920 meter gunung ini bukanlah merupakan gunung yang aktif. Dibawah gunung ini terdapat 13 telaga dan juga terdapat air terjun yang memiliki tinggi 100 meter bernama Air Terjun Puti Lenggo Geni.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat