bdadinfo.com

Tunggu Beres! Rute Indah dan Terowongan Terpanjang di Indonesia Bisa Pangkas Waktu Tempuh Padang Pekanbaru - News

Belum Beres! Rute Indah dan Terowongan Terpanjang di Indonesia Bisa Pangkas Waktu Tempuh Padang Pekanbaru (bpjt.pu.go.id)

Masyarakat Indonesia masih menunggu rampungnya rute indah dan terowongan terpanjang di Indonesia di jalan tol Padang Pekanbaru untuk segera terwujud.

Jika pembangunan jalan Tol Padang Pekanbaru bisa rampung penuh bisa pangkas waktu tempuh dan masyarakat jauh lebih hemat waktu dan BBM dalam perjalanannya.

Jalan Tol Padang Pekanbaru ini merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Trans Sumatera yang menghubungkan Padang dengan Pekanbaru.

Baca Juga: Proyek Ambisius! Ini Deretan Tantangan Besar yang Masih Jadi PR Jembatan Selat Sunda Agar Terealisasi

Ruasnya berada di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan Provinsi Riau. Jalur jalan tolnya bakal melewati beberapa kota dan kabupaten di kedua provinsi tersebut.

Dikutip dari bpjt.pu.go.id, Jalan tol Padang Pekanbaru ini memiliki panjang mencapai kurang lebih 254 km.

Adapun, rincian Seksi 1 Padang–Sicincin, Seksi 2 Sicincin–Bukittinggi, Seksi 3 Bukittinggi–Payakumbuh, Seksi 4 Payakumbuh–Pangkalan, Seksi 5 Pangkalan–Bangkinang dan Seksi 6 Bangkinang–Pekanbaru.

Baca Juga: Jika Pembangunannya Rampung Total, Tol Padang Pekanbaru Bakal Pecahkan 2 Rekor Baru Jalan Tol di Indonesia

Panjangnya jalan tol Padang Pekanbaru ini kemudian diklaim dapat memangkas waktu tempuh dari waktu perjalanan yang biasanya.

Untuk pergi dari Padang ke Pekanbaru atau sebaliknya, biasanya dibutuhkan waktu mulai dari tujuh hingga delapan jam perjalanan dengan melalui jalan arteri.

Selain mampu memangkas waktu tempuh hampir setengahnya sendiri yakni menjadi 3 jam perjalanan saja, jalan Tol Padang Pekanbaru juga akan memiliki terowongan.

Baca Juga: Permintaan Maaf 3 Perempuan di Padang Atas Video Viralnya Cekoki Kucing dengan Miras, Warganet: Penjarakan!

Diperkirakan panjang terowongannya akan mencapai delapan kilometer yang menembus Bukit Barisan dan diklaim akan menjadi terowongan terpanjang di Indonesia.

Pembangunan tol Pekanbaru Padang telah dilakukan pada 3 seksi dari 6 seksi secara keseluruhan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat