bdadinfo.com

Tak Ada Indomaret dan Alfamart, Berikut Ritel Besar yang Ada di Sumatera Barat - News

Potret Aciak Mart  (Instagram Aciak Mart)


- Swalayan, Minimarket dan sejenisnya merupakan salah satu klasifikasi usaha ritel berdasarkan kepemilikan. Usaha ritel itu sendiri adalah kegiatan usaha yang melibatkan transaksi penjualan barang atau jasa kepada konsumen dalam jumlah satuan maupun eceran untuk dikonsumsi pribadi dan tidak diperjualbelikan kembali.

Sedangkan untuk kelebihan dari bisnis ritel adalah kegiatan perdagangan terkait penjualan barang secara langsung kepada konsumen terakhir dan juga sistem kerja yang menghubungkan produsen utama (grosir besar) dengan konsumen yang melakukan pembelian barang dalam jumlah kecil maupun bentuk satuan.

Di Indonesia itu sendiri usaha ritel yang sangat terkenal dan ada di seluruh penjuru Indonesia adalah Alfamart dan Indomaret. Kedua usaha ini selalu bersisian dan mudah kita temui di seluruh Indonesia, namun ada satu profinsi yang tidak mengijinkan usaha ini masuk ke dalam provinsinya yaitu Sumatera Barat.

Baca Juga: Mengenang Gempa 30 September 2009, Bunyi Sirine Menggema di Kota Padang Selama 1 Menit

Banyak wisatawan yang bertanya bahkan heran kenapa usaha ritel skala nasional tersebut tidak ada di provinsi satu ini.
Walaupun begitu, Sumatera Barat memiliki beberapa usaha ritel yang tergolong besar untuk skala provinsi. Dilansir dari laman dutadamaisumaterabarat.id, terdapat 5 Ritel terbesar di Sumatera Barat pengganti Indomaret dan Alfamart yang bisa dikunjungi ketika berada di provinsi ini, yaitu:

1. Citra Swalayan

Citra Swalayan didirikan pada tahun 1993, pemilik dari Citra Swalayan adalah Drs. H. Guspardi Gaus, M.Si., Datuak Batuah. Guspardi Gaus adalah politikus Indonesia dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang menjabat sebagai anggota DPR-RI periode 2019–2024. Citra Swalayan sampai tahun 2016 citra swalayan memiliki 18 ritel di kota padang namun citra swalayan sendiri menargetkan membuka 120 ritel di seluruh sumatera barat sampai tahun 2019 namun tidak terdapat informasi lebih lanjut berapa jumlah gerai dari citra swalayan sampai saat ini.

Baca Juga: Forklift Tersambar Kereta Api Jayakarta di Bekasi, Warga Panik Berhamburan Selamatkan Diri

2. Budiman swalayan

Toko Budiman didirikan pada tahun 1999 oleh H. Yasmar, awal mulanya Budiman hanya berupa toko barang harian. Pada tahun 2013 Toko Budiman bertransformasi menjadi Budiman swalayan. Budiman swalayan sampai saat ini telah memiliki 13 gerai di sumatera barat yang tersebar di 4 kota dan kabupaten. Adapun kota/kabupaten tersebut adalah Bukittinggi, Padang, agam dan Payakumbuh.

3. Aciak Mart

Aciak Mart yang merupakan milik dari Amril Amin,S.AP didirikan pada tahun 2016. Aciak Mart memiliki motto, Belanja Nyaman dan Hemat, We Care, Shopping Convenient, Low Price, Open 24 Hours , Free Wi Fi Spot. Saat ini Aciak Mart memiliki 15 gerai yang tersebar di Padang dan Agam.

Baca Juga: Film Dokumenter Ice Cold Tayang di Netflix, Beberapa Hal ini Bikin Jessica Dicurigai Dalam Kasus Sianida

4. Swalayan Annisah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat