bdadinfo.com

14 Tahun Berlalu, Pemerintah Kota Padang Lakukan Ini untuk Kenang Gempa Dahsyat 2009 - News

Ilustrasi gempa (Pixabay @Angelo_Giordano)





- Hari ini, tepat 14 tahun lalu, Kota Padang diguncang gempa hebat. Dalam rangka mengenang peristiwa tersebut, pemerintah Kota Padang mengimbau kepada masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih setengah tiang.

Pengibaran bendera tersebut dilakukan mulai hari Sabtu, 30 September hingga besok, 1 Oktober 2023 dari pukul 06.00 – 18.00 WIB.

Imbauan tersebut tertulis dalam surat edaran Wali Kota Nomor 200/222/Kakesbangpol-Pdg/2023 tertanggal 29 September 2023 bahwa warga diimbau untuk menaikkan bendera setengah tiang pada 30 September dan juga setiang penuh pada 1 Oktober.

Baca Juga: Bertandang ke Markas Sriwijaya FC, Semen Padanf FC Targetkan 3 Poin

Gempa yang terjadi di lepas pantai Sumatera Barat ini menewaskan sebanyak 1.117 orang. Dilansir dari situs BPDB Padang, menurut data Satuan Koordinasi Pelaksana Penanganan Bencana, diketahui korban luka berat sebanyak 1.214 orang.

Luka ringan mencapai 1.688 orang dan korban yang hilang sejumlah 1 orang. Gempa Sumatra Barat ini mengguncang 3 kota serta 4 kabupaten di Sumatera Barat.

Tidak hanya korban tewas dan terluka, rumah-rumah warga juga turut hancur akibat guncangan sebesar 7,6 SR. Ribuan sekolah, rumah, masjid dan bangunan hancur lebur akibat guncangan.

Baca Juga: Punya Belasan Outlet di Sumbar, Begini Kisah Owner Budiman Swalayan Pertama Kali Hendak Buka Cabang

Gempa yang terjadi adalah akibat dari aktivitas subdukasi lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia.

Gempa besar tersebut bahkan terasa tidak hanya di seluruh Sumatera Barat, namun hingga ke Singapura, Malaysia, Thailand dan beberapa provinsi di Indonesia.

Gema sirine yang nyaring terdengar di Monumen Gempa Kota Padang pada hari Sabtu, 30 September 2023 pukul 17.15 WIB. Dibunyikannya sirine ini juga sebagai salah satu cara untuk mengenang gempa Sumatra Barat.

“Kita sama-sama mengheningkan cipta mengenang detik-detik terjadinya gempa 2009 yang lalu dan juga sekaligus memperingati hari kesiapsiagaan bencana di Kota Padang,” kata Hendri Septa, selaku Walikota Padang.

Baca Juga: Tak Ada Indomaret dan Alfamart, Berikut Ritel Besar yang Ada di Sumatera Barat

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Padang, Hendri Septa juga mengimbau kepada para ASN agar dapat memberikan contoh kepada warga untuk mengibarkan bendera setengah tiang.

Camat dan lurah juga diminta agar dapat aktif mengajak warga mengenai himbauan tersebut dengan menggunakan pengeras suara di lingkungan sekitar.

30 September menjadi peristiwa pilu yang perlu dikenang. Tidak hanya bagi masyarakat Padang, namun juga bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Di tanggal 30 September – 1 Oktober 2023 diperingati 3 peristiwa sekaligus. Yaitu gempa Sumatra Barat, peristiwa G30S, dan momen kesaktian Pancasila pada 1 Oktober.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat