bdadinfo.com

Rampung Tahun 2024, Begini Rupa Proyek Mahal Jembatan Jalan Tol Terpanjang Se-Indonesia di Sumatera Selatan - News

Ilustrasi Jembatan Musi V yang berada di Jalan Tol Kapal Betung, Sumatera Selatan yang membentang di atas Sungai Musi. Jembatan Musi V sendiri akan ke depannya akan menjadi jembatan jalan tol terpanjang se-Indonesia yang memiliki panjang total 1,7 km. Ditargetkan rampung pada tahun 2024 (Dok: PUPR)

- Provinsi Sumatera Selatan menjadi salah satu daerah penting dari mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Sumatera Selatan menjadi salah satu wilayah yang dilintasi jalan utama atau backbone dari proyek Jalan Tol Trans Sumatera.

Sumatera Selatan dikabarkan akan memiliki proyek jembatan jalan tol terpanjang se-Indonesia yang juga termasuk pada rangkaian mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera.

Baca Juga: Sambut Suka Cita! Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan Batal, Ini 5 Nagari yang Sukses Bikin Jepang Tidak Berkutik

Proyek jembatan jalan tol terpanjang se-Indonesia tersebut akan berada di ruas Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung atau yang dikenal sebagai Jalan Tol Kapal Betung.

Jalan Tol Kapal Betung sendiri termasuk salah satu jalan tol penting yang menghubungkan dua provinsi, yaitu Sumatera Selatan dan Jambi.

Jalan Tol Kapal Betung memiliki panjang total 111 km dan menjadi salah satu jalan tol terpanjang yang ada di mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera.

Baca Juga: 10 Proyek Pembangunan Terlama di Sumatera Barat, Ada yang Termasuk Paling Lama Se-Indonesia, Ada Apa Sumbar?

Jalan Tol Kapal Betung tersebut pada salah satu titik akan melintasi sebuah sungai yang sangat ikonik di Sumatera Selatan bahkan di Indonesia.

Aliran sungai tersebut adalah Sungai Musi yang diketahui menjadi salah satu sungai terpanjang di Indonesia.

Dikarenakan pentingnya Jalan Tol Kapal Betung ini sebagai salah satu ruas penghubung kota-kota besar di Pulau Sumatera.

Baca Juga: Bangga! Sumatera Selatan Ukir Prestasi Bangun Jembatan Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Sumbar Apa Kabar?

Pihak pengembang pun memperhatikan dengan saksama tahapan pembangunan yang harus disesuaikan dengan kondisi sekitar pembangunan proyek.

Dalam hal ini, Jalan Tol Kapal Betung dihadapkan dengan keberadaan Sungai Musi yang panjang dan memiliki diameter yang lebar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat