bdadinfo.com

Profil Jalan Tol Kapal Betung, Rangkaian JTTS yang Menjadi Tulang Punggung Provinsi Sumatera Selatan - News

Jalan Tol Kapal Betung Sumatera Selatan saat proses konstruksi (Dok: Kementerian PUPR)

- Mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) tentunya menjadi berkah tersendiri bagi daerah-daerah di Pulau Sumatera.

Membentang sepanjang Pulau Sumatera dan menghubungkan kota-kota besar yang ada, tentunya Jalan Tol Trans Sumatera menjadi vital bagi masing-masing daerah itu sendiri.

Tak terkecuali Provinsi Sumatera Selatan yang salah satunya memiliki jalan tol yang juga termasuk dari rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera.

Baca Juga: Palembang-Jambi Sekarang Cuma 3 Jam via JTTS, Akhir Tahun 2023 Sudah Bisa Dilewati Masyarakat!

Jalan bebas hambatan tersebut adalah Jalan Tol Kapal Betung atau juga yang dikenal sebagai Jalan Tol kayu Agung-Palembang-Betung.

Jalan Tol Kapal Betung menjadi sangat penting bagi Sumatera Selatan karena tidak hanya menjadi jalan utama atau backbone melainkan juga penghubung dengan Provinsi Jambi.

Jalan Tol Kapal betung diproyeksikan mampu memangkas jarak tempuh dari Jambi ke Palembang yang sebelumnya mencapai 8-10 jam kini dapat dilalui dalam waktu 3 (tiga) jam saja.

Baca Juga: 20 Tahun Baru Tersambung, Sumatera Selatan Mampu Hubungkan Palembang-Lubuklinggau: Dulu 9 Jam Kini Cuma 4 Jam!

Berikut sedikit rangkuman atau profil singkat dari Jalan Tol Kapal betung yang keberadaannya begitu penting bagi Provinsi Sumatera Selatan.

Ruas Jalan Tol Kapal Betung konsesi pembangunannya dimulai sejak tahun 2016 silam dan baru akan berakhir pada tahun 2066 mendatang.

Ruas Jalan Tol Kapal Betung sepanjang 111,69 Kilometer ini memiliki konsesi selama 50 tahun dan sudah berjalan selama 7 (tujuh) tahun, Sehingga saat ini tersisa 43 tahun lagi.

Baca Juga: Jalan Tol Bangkinang Pangkalan Dekati Final, Gerbang Tol di Tanjung Alai yang Hampir Rampung Jadi Bukti!

Lebih detailnya, konsesi Jalan Tol Kapal Betung garapan PT Waskita Sriwijaya Tol akan selesai pada 2066.

Sejumlah ruas pada proyek pembangunan Jalan Tol Kapal Betung telah dimulai pada 2016 dan rampung pada 2020 dengan panjang 111,69 Kilometer.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat