bdadinfo.com

Telan Rp547 M! Bandara Baru di Sumatera Barat yang Gantikan Bandara Rokot Siap Diresmikan, Ini Namanya… - News

Illustrasi Bandara Rokot Mentawai di Pulau Mentawai.  (Pexels.com)

– Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi sedang meninjau progres pembangunan bandara baru di Pulau Mentawai, Sumatera Barat

Pulau Mentawai yang merupakan salah satu pulau di daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP) pada Minggu 13 Agustus 2023.

Diketahui, Bandara Rokot Mentawai dibangun untuk menggantikan bandara lama, yakni Bandara Rokot Sipora.

Baca Juga: Waduh! Pengembang Akui Kesulitan Selesaikan Tol Kapal Betung, JTTS Sumatera Selatan Terancam Mangkrak?

Lantaran, bandara tersebut tidak memungkinkan direvitalisasi lagi karena dibatasi laut lepas sebagaimana dikutip dari dephub.go.id.

“Saya menjalankan arahan Bapak Presiden Joko Widodo untuk mengawal kegiatan konektivitas khususnya di daerah 3TP seperti Mentawai terjaga dengan baik. Tidak hanya selesai membangun infrastrukturnya, tetapi memastikannya dapat dimanfaatkan dengan baik. Saya sudah 3 kali datang ke sini dari sebelum dibangun, sedang dibangun, dan sekarang ini, untuk mengawal ini dengan maksimal,” ujar Menhub, Budi Karya Sumadi.

Menhub mengatakan bahwa Bandara Baru Rokot Mentawai baru saja diselesaikan dan sedang menunggu proses penerbitan Sertifikat Bandar Udara.

Baca Juga: Mahfud MD sebut Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi Bisa Dibeli, Jimly Asshiddiqie: Tidak Beradab!

Selanjutnya Bandara baru ini siap untuk dioperasikan tahun ini. “Kemungkinan bulan depan bapak Presiden akan datang ke sini," ujar Menhub.

Bupati Kepulauan Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak menyatakan peresmian bandara baru yang bernama Bandara Rokot Mentawai pada 25 Oktober.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi juga diketahui akan datang ke Mentawai karena sudah diagendakan pada Senin, 23 Oktober 2023.

Baca Juga: Parah! Dukung Gibran Rakabuming Raka, Fahri Hamzah Malah Disentil Netizen Melalui Jejak Digital

Bandara Rokot Mentawai yang baru ini memiliki panjang runway 1.500 x 30m dari sebelumnya hanya 850 meter sehingga bisa dilandasi pesawat yang lebih besar yakni ATR 72-600 berkapasitas maksimal 78 penumpang.

Bahan dilengkapi dengan apron yang berukuran 175 x 75m, Taxiway 75 x 15m yang mampu menampung 3 pesawat tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat