bdadinfo.com

Ekonom Sayangkan Andi Amran Sulaiman Kembali Ditunjuk Jadi Mentan, Singgung Rapor Merah Saat Dulu Menjabat - News

Ekonom Sayangkan Andi Amran Sulaiman Dilantik Lagi Jadi Mentan, Singgung Rafor Merah Sang Mentan Sewaktu Menjabat (Setkab.go.id)

Andi Amran Sulaiman resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Pertanian (Mentan), Rabu 25 Oktober 2023.

Adapun, Mentan Amran dilantik menggantikan Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang terjerat kasus korupsi dan telah resmi mengundurkan diri.

Merespon hal tersebut, Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (CELIOS), Bhima Yudhistira menyayangkan penunjukkan Andi Amran Sulaiman sebagai Mentan baru.

Baca Juga: ‘Gibran yang Berbeda’, Warganet Soroti Perubahan Sosok Gibran Pasca Dideklarasikan sebagai Cawapres

Ini dinilai Bhima berdasarkan rekam jejak Mentan Amran yang dulunya juga menjadi Mentan periode 2014-2019.

“Pemilihan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman sangat disayangkan. Selama Amran menjabat sebagai Menteri Pertanian periode 2014-2019 terdapat banyak permasalahan yang sulit dilupakan,” ujar Bhima dalam keterangan tertulisnya.

Bima menjelaskan bahwa pada tahun 2018 impor beras mencapai 2,2 juta ton dari tahun sebelumnya yang berada di angka 305 ribu ton.

Baca Juga: Gibran Resmi Jadi Cawapres Prabowo, Simak Kilas Balik Statement Keluarga Jokowi Terkait Tak Minat Politik

Tajamnya kenaikan impor beras menjelang Pemilu 2019 itu memunculkan tanda tanya terkait program kemandirian pangan pemerintah.

Bhima melanjutkan, kebijakan tersebut memiliki kaitan yang erat dengan memburu rente di sektor pangan.

Kemudian, Bhima menyebut Kementan saat itu selalu berkilah adanya impor beras untuk kebutuhan beras premium.

Baca Juga: Lulusan D3/S1 Merapat! Bank BTN Buka Lowongan untuk 2 Posisi, Ada Wilayah Padang dan Pekanbaru

"Kondisi tersebut sangat disayangkan, karena dikhawatirkan posisi Menteri Pertanian yang baru akan mengulangi masalah yang sama,” terang Bhima.

Tak sampai di situ, Bhima juga menyoroti lonjakan yang sangat tinggi pada impor gula sewaktu Amran menjabat sebagai Mentan di periode sebelumnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat