bdadinfo.com

Kabupaten Solok Selatan Berlabuh ke Provinsi Baru, Sumatera Tengah Meninggalkan Sumatera Barat? - News

Sumatera Tengah menjadi isu yang sangat ini akan menjadi sebuah provinsi baru yang akan didukung 3 provinsi Sumatera Barat, Riau dan Jambi yang meliputi 7 kabupaten di dalamnya.

- Terkait wacana pembentukan provinsi baru Sumatera Tengah yang terus bergulir di dalam masyarakat Sumatera Barat dan Indonesia menuai pro dan kontra saat ini.

Sumatera Tengah menjadi isu yang sangat ini akan menjadi sebuah provinsi baru yang akan didukung 3 provinsi Sumatera Barat, Riau dan Jambi yang meliputi 7 kabupaten di dalamnya. 

Saat ini, provinsi baru Sumatera Tengah mendapat respon positif dari masyarakat Kabupaten Solok Selatan untuk bergabung dari bagian provinsi baru tersebut.

Baca Juga: Jalan Tol Pertama di Kalimantan, Inilah Sederet Fakta Menarik Jalan Tol IKN Ruas Balikpapan - Samarinda

Soal pembentukan provinsi baru Sumatera Barat mendapat respon dari Anggota DPRD Sumatera Barat yang juga Tokoh Masyarakat Solok Selatan Irwan Afriadi mengatakan masyarakat Solok Selatan begitu mendengar ada wacana ini berkembang memang kalau respon masyarakat beragam ada pro dan kontra.

"Tetapi kalau kita melihat dari sisi tujuan pemekaran itu adalah Kandu untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat pelayanan politik jadi sehingga memang seperti Solok Selatan itu masih bergabung dengan Kabupaten Solok Solok Selatan pasti tidak seperti hari ini," jelasnya.

Jadi kalau mengenai sebagai perwakilan Solok Selatan secara pribadi sangat setuju dengan ini karena jika provinsi Sumatera Tengah ini apalagi terdengar ibukota kabupatennya ibukota provinsinya ada di Sungai Rumbai.

Baca Juga: KSP CU Dosnitahi Pinangsori Sumut Diduga Bermasalah, Duit Miliaran Rupiah Jadi Sorotan

"Tentu ini akan membuat percepatan pembangunan akses Jalan Solok Selatan ke Dharmasraya itu akan menjadi prioritas karena interkoneksi antar kabupaten yang terdekat kota masyarakat ini belum semuanya tahu karena baru viral beberapa waktu ini kalau wacana ada pembentukan provinsi itu," tegasnya.

Sebenarnya kan sudah lama sudah lama terlepas dari Sumatera tengah kalau dulu sudah ada ketika wacana Rana indojati dulu.

"Betul itu sudah ada juga ini zaman-zaman beliau Lah ini kan sudah ada juga wacana pembentukan Kalau renang indojati jadi nanti ini provinsi baru karena indojati Kabupaten Kerinci waktu itu belum ada kota pembahasan Kabupaten Kerinci Solok Selatan 2 Provinsi tapi hari ini kan 3 Provinsi ini,"

Baca Juga: Tidak Kalah dengan JTTS! Rp4 Triliun Siap Dihabiskan Demi Flyover Mewah Sitinjau Lauik, Dibangun Desember 2023

3 provinsi dari segi mata masyarakat Solok Selatan Kita sangat apresiasi dan mendukung untuk pemekaran ini terealisasi kalau secara kelembagaan DPRD Sumatera Barat ini.

"Kalau sebagai anggota DPRD sesi sepakat juga karena memang kita daerah ini sangat tergantung apalagi Sumatera Barat sangat tergantung dengan dana pusat baik daerah yang sesuai dengan filosofi pemekaran itu adalah dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan pembangunan tentu dengan adanya provinsi baru tentu ini perhatian Pusat terhadap provinsi baru ini kan nanti juga dari segi anggaran dan lain-lain pasti juga akan terfokus gitu," paparnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat