bdadinfo.com

Sempat Mangkrak! Pembangunan Jalan Bayang- Alahan Panjang Sumbar Ditargetkan Rampung 2023 - News

Sempat Mangkrak! Pembangunan Jalan Bayang- Alahan Panjang Sumbar Ditargetkan Rampung 2023/ Pexels

– Pembangunan jalan yang rencananya akan menghubungkan Kabupaten Pesisir Selatan dengan Alahan Panjang di Kabupaten Solok, Sumatera Barat ditargetkan rampung pada akhir 2023.

Bahkan jalan Bayang-Alahan Panjang Sumbar yang dapat dilewati oleh kendaraan dengan proses pinjam menggunakan hutan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah selesai pembangunan secara fisik pada tahun 2023.

Pada tahun 2023 Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengatakan bahwa proses pinjam pakai itu dilakukan karena sebagian ruas jalan masuk kawasan hutan lindung sebelumnya status hutan lindung sempat menjadi kendala sebagaimana dikutip dari YouTube @Pandawa Bukit Aneh.

Baca Juga: Inilah Agenda Menhan Prabowo dan Presiden Jokowi Jalankan Misi Kemanusiaan: Kirim Bantuan ke Dubes Palestina

Selain saat ini sudah mendapatkan izin dari Mahyerdi menyatakan Pemprov Sumbar sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp31 Miliar untuk menyelesaikan fisik Jalan Tembus yang masih tersisa 8 km lagi total panjang jalan sekitar 52 km.

Apabila jalan tembus ini rampung akan memperpendek jarak antara dua Kabupaten dari awalnya sekitar 1309km dengan jarak tempuh 3,5 jam menjadi 52km dengan jarak tempuh hanya sekitar 30 menit yang mengatakan jalan tersebut memiliki nilai strategis.

Dengan jalan tersebut yang memiliki nilai strategis untuk perekonomian daerah ikan laut segar dari Pesisir Selatan dapat lebih cepat sampai di Kabupaten Solok.

Baca Juga: PT Sinar Sosro Buka Lowongan Kerja, Berikut Persyaratan dan Kualifikasinya

Kabupaten Solok dan sekitarnya sementara cabai dan sayuran dari Solok juga lebih cepat hingga pesisir selatan dengan demikian perekonomian dua daerah akan semakin memuncak.

Bukan hanya itu saja, harga juga dapat ditekan karena biaya transportasi sudah terpangkas hal itu diharapkan yang akan berefek menurunkan angka inflasi dari komponen bahan pokok.

Kemudian jalan tembus tersebut juga memiliki peran penting untuk distribusi BBM jalan tersebut dapat menjadi alternatif untuk PT Pertamina untuk mendistribusikan BBM apabila jalan dari Depok Pertamina menuju Padang terputus.

Baca Juga: Banjir Cuan! Tol Riau Paling Ramai Se-JTTS, Sehari 16 Ribu Mobil Lewat di Ruas Tol ini: Sumbar Gigit Jari

Sebelumnya satu-satunya jalan yang dapat dilewati truk BBM dari depo melalui Padang via Bungus-Teluk Agung akses jalan itu rentan terputus karena longsor.

Apabila akses terputus distribusi BBM kawasan Sumbar otomatis terkendala jalan ini bisa jadi alternatif untuk distribusi BBM Jika jalan di Bungus terputus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat