bdadinfo.com

Gencar Bangun Infrastruktur, Inilah 5 Tol Terpanjang di Indonesia - News

Gencar Bangun Infrastruktur, Inilah Tol Terpanjang di Indonesia/Youtube


- Pembangunan infrastruktur di Pemerintahan Jokowi terus dikebut pekerjaannya, prioritas tersebut adalah agenda utama Jokowi.

Dimasa pemerintahan Jokowi pembangunan infrastruktur masif dilakukan, terutama jalan tol untuk mempermudah hilirisasi ekonomi di Indonesia.

Terkini sudah lebih dari 2800 km panjang jalan tol yang beroperasi diera Pemerintahan Jokowi, pembangunan infrastruktur jalan tol tersebut berada di Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Kalimantan, Bali dan Sulawesi.

Baca Juga: Inilah Sejarah Berdirinya Jalan Tol Jakarta - Merak, Rute yang Dibangun Pertama Mengarah ke Pelabuhan Merak

Di Pemerintahan sebelumnya, Indonesia hanya memiliki jalan tol sepanjang 780 km. Hal tersebut yang kemudian mendorong Pemerintahan Jokowi menambah pembangunan infrastruktur jalan tol di Indonesia.

Tercatat hingga kini jumlah pembangunan infrastruktur jalan tol Pemerintahan Jokowi telah mencapai 2.040 km.

Pembangunan infrastruktur jalan tol tersebut difokuskan pemerintahan Jokowi di Pulau Sumatera, hingga saat ini Sumatera telah memiliki jalan tol dengan panjang 795 km, disusul Sulawesi 61,46 km, Kalimantan 99 km, dan Bali 12,7 km.

Baca Juga: Anggaran Hingga Rp1,02 Triliun! Inilah Bendungan Pertama di Sulawesi Barat

Berikut pembangunan infrastruktur jalan tol terpanjang di Pemerintahan Jokowi.

1. Tol Balikpapan - Samarinda

Jalan tol ini berapa di Pulau Kalimantan, Kalimantan Timur dengan panjang 99 Km menjadi tol terpanjang ke-5 di Indonesia. Dibangun pada tahun 2011 jalan tol ini kemudian diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi pada 24 Agustus 2021.

Kehadiran jalan tol ini mampu memangkas waktu tempuh perjalanan Balikpapan-Samarinda selama 2 jam.

2. Tol Cikampek - Palimanan

Jalan Tol Cipali akronim dari Cikampek-Palimanan memiliki panjang 116 km menjadi jalan tol terpanjang ke-4 di Indonesia, jalan tol ini berda di Jawa Barat dan telah beroperasi sejak 2015.

Baca Juga: S1 Merapat! Loker Dibuka oleh PT. Duta Firza, Dicari Posisi Sebagai Accounting Staff

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat