bdadinfo.com

Sumatera Barat Berhasil Borong 5 Penghargaan dari Kemendagri, Apa Saja? - News

Kemendagri memberikan penghargaan kepada Sumatera Barat atas penghargaan Nasional Pembinaan Desa 2023 (sumbarprov.go.id)

Provinsi Sumatera Barat kembali meraih penghargaan, karena dinilai berhasil dalam pembinaan desa/kelurahan.

Penghargaan Sumatera Barat tersebut berhasil membawa lima penghargaan sekaligus dari Kemendagri.

Lima penghargaan Sumatera Barat tersebut meliputi empat penghargaan dalam Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Epdeskel) dan Program Desa dan Kelurahan (Prodeskel) 2023 yang spesifik diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri.

Baca Juga: Digagas oleh Soekarno dari Nama Pengasuhnya, Gedung Pencakar Langit Ini Jadi yang Pertama di Indonesia

Lebih rinci lagi, penghargaan Sumatera Barat untuk Epdeskel diraih dalam kategori Cepat Berkembang Tertinggi dan kategori Cakupan Pengisian Tertinggi.

Adapun untuk dua penghargaan Prodeskel sendiri dicapai atas pembinaan dan prestasi untuk klasifikasi Swasembada Tertinggi, di mana penghargaan tersebut diberikan kepada Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Lima Puluh Kota.

Pada pembukaan rangkaian acara Pekan Inovasi Desa dan Kelurahan (Pindeskel) 2023 yang digelar pada Jumat, 10 November 2023 di Lapangan Banteng, Jakarta.

Baca Juga: Aksi Damai Bela Palestina di Padang Panjang Berhasil Kumpulkan Donasi Rp296.981.000

Penghargaan tersebut diterima oleh Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar, diwakili oleh Kabid Pemnag Desrianto Boy yang diserahkan oleh Dirjen Bina Pemerintahan Desa La Ode Ahmad Pidana Bolombo.

Dikutip melalui portal resmi Provinsi Sumatera Barat sumbarprov.go.id, menurut Desrianto Boy, prestasi yang dicapai Sumatera Barat bersama Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Lima Puluh Kota ini adalah bukti dari keseriusan.

Bahkan, hasil kerja keras Sumatera Barat dalam melakukan pembinaan pemerintahan Nagari, desa, dan kelurahan selama ini.

Baca Juga: Pengen Warung Sembako Punya Banyak Pelanggan? Yuk Ikuti Tips Efektif Berikut Ini

“Kerja keras Dinas PMD Sumbar bersama dengan Dinas PMN di kabupaten dan kota yang tidak henti dalam pembinaan Nagari, desa, dan kelurahan telah membuahkan hasil. Ini tentunya tidak terlepas dari arahan Buya Gubernur dan Wakil Gubernur di Pemprov, serta Bapak Bupati di Kabupaten,” kata Desrianto Boy.

Dalam presentase Epdeskel kategori Cepat Berkembang Tertinggi terbagi menjadi dua, yakni tingkat Provinsi dan Kabupaten.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat