bdadinfo.com

6 Daerah Penghasil Durian Tersohor di Sumatera Barat, Bukan Kota Padang atau Solok Tapi Kabupaten Ini Juaranya - News

Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra dengan ibu kota Padang dan ternyata ada 6 daerah penghasil durian tersohor di Sumatera Barat.



- Durian bukan saja terkenal di kota Medan tapi Sumatera Barat banyak terdapat daerah penghasil durian setiap tahunnya menghasilkan ribuan ton.

Di mana Provinsi Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra dengan ibu kota Padang dan ternyata ada 6 daerah penghasil durian tersohor di Sumatera Barat.

Provinsi Sumatera Barat terletak sepanjang pesisir barat Sumatra bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.

Baca Juga: Ribuan Warga Padang Gencarkan Semangat Peduli dan Cegah Diabetes Bersama Tropicana Slim pada #Hands4Diabetes2023

Dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.012,89 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Sumatera Barat adalah rumah bagi etnis Minangkabau, walaupun wilayah adat Minangkabau sendiri lebih luas dari wilayah administratif Provinsi Sumatera Barat saat ini.

Pada tahun 2023, provinsi ini memiliki penduduk sebanyak 5.640.629 jiwa dengan mayoritas beragama Islam.

Baca Juga: Sukses Bikin Takjub! Inilah 5 Jalan Tol Terindah di Indonesia yang Harus Dilalui

Sumatera Barat terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari.

Inilah 6 daerah penghasil durian tersohor di Sumatera Barat yang dirangkum dari website resmi BPS Sumbar sebagai berikut:

1. Kabupaten Solok

Baca Juga: Aktor Dion Wiyoko Syuting Atraksi Silek Lanyah di Kubu Gadang Padang Panjang

Solok adalah sebuah kabupaten di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini merupakan salah satu sentra produksi beras terbesar di Sumatera Barat, yang dikenal dengan nama Bareh Solok.

Secara geografis letak Kabupaten Solok berada antara 00° 32’ 14’’ dan 01° 46’45” Lintang Selatan dan 100° 25’ 00” dan 101° 41’ 41” Bujur Timur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat