bdadinfo.com

5 Kabupaten Penghasil Padi Terbesar di Sumatera Barat, Bukan Solok dan Tanah Datar Tapi Juaranya Memiliki Luas 5.749,89 km² - News

Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra dengan ibu kota Padang ada 5 Kabupaten Penghasil Padi Terbesar di Sumatera Barat.

- Ternyata Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra dengan ibu kota Padang ada 5 Kabupaten Penghasil Padi Terbesar di Sumatera Barat.

Provinsi Sumatera Barat terletak sepanjang pesisir barat Sumatra bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.

Provinsi Sumatera Barat dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.012,89 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Baca Juga: Kenapa Orang Minangkabau Wajib Melancong ke Negeri Sembilan, Ada Apa Ya di Sana?

Sumatera Barat adalah rumah bagi etnis Minangkabau, walaupun wilayah adat Minangkabau sendiri lebih luas dari wilayah administratif Provinsi Sumatera Barat saat ini.

Pada tahun 2023, provinsi Sumatera Barat ini memiliki penduduk sebanyak 5.640.629 jiwa dengan mayoritas beragama Islam.

Sumatera Barat terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari.

Baca Juga: Sukses Bikin Takjub! Inilah 5 Jalan Tol Terindah di Indonesia yang Harus Dilalui

Berdasarkan dara dari sumbar.bps.go.id, Tercatat pada periode Januari hingga April tahun 2023, hasil panen beras di provinsi Sumatera Barat ini mencapai 342.505 ton.

Inilah 5 Kabupaten Penghasil Padi Terbesar di Sumatera Barat atau wilayah yang menjadi penyumbang terbanyak sebagai berikut:

1. Kabupaten Pesisir Selatan

Baca Juga: Aktor Dion Wiyoko Syuting Atraksi Silek Lanyah di Kubu Gadang Padang Panjang

Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km².

Dan populasi pada tahun 2021 sebanyak 515.549 jiwa. Ibu kota Pesisir Selatan berada di kecamatan IV Jurai, tepatnya di Painan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat