bdadinfo.com

Kenapa Orang Minangkabau Wajib Melancong ke Negeri Sembilan, Ada Apa Ya di Sana? - News

Negeri Sembilan adalah salah satu Negara Bagian yang berada dalam wilayah pemerintahan Negara tetangga kita, Malaysia. Ibukota dari Negara Bagian ini adalah Seremban, kota yang sudah menjalin kerjasama sebagai Kota kembar dengan Kota Bukittinggi, Sumatera Barat sejak waktu lama.

- Fakta orang Minangkabau sudah punya sejarah yang panjang itu dan punya power yang tidak bisa dipandang dengan sebelah mata seperti itulah.

Serta jumlahnya mungkin ada seperlima dari penduduk negeri Sembilan atau Malaysia secara keseluruhan bahkan mungkin lebih yang membuat Malaysia berani mempatenkan Rendang sebagai masakan Malaysia.

Negeri Sembilan adalah salah satu Negara Bagian yang berada dalam wilayah pemerintahan Negara tetangga kita, Malaysia.

 Baca Juga: Aktor Dion Wiyoko Syuting Atraksi Silek Lanyah di Kubu Gadang Padang Panjang

Ibukota dari Negara Bagian ini adalah Seremban, kota yang sudah menjalin kerjasama sebagai Kota kembar dengan Kota Bukittinggi, Sumatera Barat sejak waktu lama.

Kenapa Negara Bagian yang satu ini bernama Negeri Sembilan ? Karena Wilayah ini pada awalnya merupakan 9 (Sembilan) wilayah awal yang dihuni oleh Perantau asal Minangkabau di Semenanjung Malaya.

Yang sudah memulai migrasinya secara besar-besaran pada abad ke-14 (tahun 1400-an) masehi. Artinya, orang Minangkabau sudah mendiami tanah Malaysia lebih dari 600 tahun.

 Baca Juga: Dibangun dengan Waktu Cukup Singkat, Tol di Sumatera Selatan Ini Jadi yang Termahal di Indonesia?

Negeri Sembilan pada awalnya merupakan 9 buah kerajaan kecil yang diperintah oleh Orang Minangkabau di Semenanjung Malaya. Wilayah yang 9 itu adalah: Johol, Jelebu, Klang, Sungai Ujong, Naning, Rembau, Jelei, Segamat dan Pasir Besar.

Kemudian, atas perintah Raja Minangkabau dan mendapat perlindungan dari Kerajaan Johor, Ke-Sembilan Kerajaan Kecil tersebut digabung menjadi satu dalam sebuah Kerajaan yang besar dengan nama Negeri Sembilan.

Pada masa Malaysia berada dibawah jajahan Inggris, negara kolonial tersebut mengalihkan penguasaan Klang kepada Negara Bagian Selangor; Naning kepada Malaka; dan Wilayah Segamat kepada Negara Bagian Johor.

Baca Juga: Curi Rokok, Dua Spesialis Pembobol Toko Kelontong di Tangkap Tim Kuda Laut Polres Bungus

Namun demikian, wilayah yang tertinggal tetap disebut sebagai Negeri Sembilan sampai saat ini.

Selama ratusan tahun Negeri Sembilan berada dibawah kendali Kerajaan Minangkabau yang berpusat di Pagaruyueng, Batusangkar; sehingga Raja yang akan dinobatkan disana selalu atas izin / ditunjuk oleh Raja Minangkabau.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat