bdadinfo.com

Segera 2024, Terowongan Bukit Barisan akan Mulai Dibangun, Bakal Lewat Langkah Ini - News

Illustrasi Tahap Pembangunan Terowongan oleh JICA (Pexels.com)

- Terowongan Bukit Barisan akan menghubungkan tol Pekanbaru Padang yang menjadi terowongan terpanjang di Indonesia.

Mega proyek pembangunan terowongan ini dikelola oleh Japan International Cooperation Agency yang dikenal telah banyak membantu proyek infrastruktur di Indonesia.

Pembangunan terowongan ini akan dimulai tahun depan dengan target selesai pada 2032.

Baca Juga: Koalisi Kaum Muda untuk Demokrasi dan Perubahan Iklim: Kasih Contoh Politik yang Beretika - Moral pada Anak Muda!

Terbilang panjang prosesnya, mengingat terowongan ini akan menembus Bukit Barisan dan memerlukan perencanaan, desain dan rekasaya teknik yang canggih.

Berikut beberapa ringkasan tahap pembangunan terowongan di bawah Bukit Barisan;

Studi Kelayakan

Baca Juga: Gelar FGD, Koalisi Kaum Muda untuk Demokrasi dan Perubahan Iklim Ajak Anak Muda Pilih Pemimpin yang Peduli Isu Demokrasi dan Perubahan Iklim

Sebelum konstruksi dimulai, Kementerian PUPR, Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang (BMCKTP) Sumatera Barat bersama JICA telah melakukan studi kelayakan untuk mengevaluasi kondisi geologi dan geoteknik di wilayah Bukit Barisan.

Tahapan ini bertujuan untuk memahami jenis batuan, kestabilan tanah dan resikp geoteknik yang mungkin saja terjadi dan perlu dihindari.

Perencanaan Desain

Baca Juga: Jangan Khawatir, Kini Bisa Bayar Pakai QRIS BRImo di Singapura

JICA sebagai pengelola memiliki kapasitas serta wewenang terhadap rencana dan desain teknis untuk proyek terowongan Bukit Barisan.

Perencanaan ini mencakup metode konstruksi, dimensi terowongan serta perhitungan struktur penyokongnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat