bdadinfo.com

Horee! Menteri PUPR siapkan Jalan Tol Operasional dan Nasional Demi Kelancaran Nataru 2023, Berikut Ini Daftar Tolnya - News

Horee! Menteri PUPR siapkan Jalan Tol Operasional dan Nasional Demi Kelancaran Nataru 2023, Berikut Ini Daftar Tolnya/Pexels

- Sekarang ini di Indonesia sedang gencar-gencarnya pembangunan jalan strategis nasional masa era presiden Jokowi. 

Di masa era kepemimpinan Jokowi yang sudah mengandalkan jalur transportasi sebagai jalan tol antardaerah dan wilayah. 

Namun Kementerian PUPR tetap mengupayakan proyek strategis nasional untuk kenyamanan dan kelancaran arus lalu lintas pada kesiapan Nataru. 

Baca Juga: Inpres Jalan Daerah Sumatera Selatan Sasar 11 Titik Lokasi, Perjalanan Darat Auto Makin Mulus Lagi

Jalan tol yang akan dipersiapkan oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono nantinya menjelang natal dan tahun baru 2024 mendatang ialah jalan tol yang sudah beroperasi sejauh ini.

Adapun besar kemungkinan pihak Basuki akan menentukan jalan tol mana saja yang dapat digunakan dan dilewati selama menyambut Nataru 2024.

Kendati jalan tol yang akan digunakan selama Nataru sepanjang 2.816km dilengkapi dengan fasilitas Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) sebanyak 132 TIP sebagaimana dikutip dari bpjt.pu.go.id.

Baca Juga: Bertemu Sekjen D-8, Wamendag Jerry Ungkap Kesiapan Indonesia Implementasikan PTA

"Pembangunan jalan tol baru hingga akhir tahun 2023 ditargetkan sepanjang 410 km. Sampai November 2023, jalan tol yang sudah dioperasikan sepanjang 218 km, sisanya sepanjang 192 km akan dapat dioperasikan atau difungsikan pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024," ujar Basuki saat rapat kerja persiapan Nataru bersama Komisi V DPR RI di Jakarta pada 21 November 2023. 

Selain itu, pembangunan proyek di Indonesia berdasarkan penataan ruang untuk membentuk suatu pola tata ruang yang telah ditentukan.

Adanya jalan tol di Pulau Jawa yang telah  beroperasi sepanjang 1.782km dilengkapi 92 TIP dengan penambahan ruas tol di Jawa sepanjang 110,3km diantaranya : 

Baca Juga: Menganalisis Isi Teks dan Gambar hingga Pola Susunan Bangun Ruang, Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 2 Halaman 181-186

Ruas Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3A Kukusan-Jc.Krukut dan Ramp 4,5 JC Krukut sepanjang 3,5km serta ruas Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B JC Krukut- Cinere sepanjang 2,2km.

Kemudian, ruas Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 2A & 2A Ujung yakni Jakasampurna-Marga Jaya sepanjang4,9km dan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2A yakni  Jatikarya-Cikeas sepanjang 3,8km.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat