bdadinfo.com

Pembangunan Tol Probowangi Dikebut, Segmen Gending-Besuki Mencapai 31 Persen - News

Ilustrasi (Pexels / Tobias Aeppli)




- Pengerjaan jalan tol Pamungkas di jalan tol Trans Jawa, jalan tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) terus dipercepatkan. Dari laporan Tollroad Indonesia, pengerjaan jalan tol Probowangi tahap 1, segmen Gending-Besuki terus dilakukan.

Pengerjaan yang sudah dimulai sejak Februari 2023 sudah sesuai target hingga awal November 2023.

Progres pengerjaan paket 1 tahap 1 segmen Gending-Besuki telah mencapai angka 31%. Paket 2 telah mencapai 15% dan paket 3 telah mencapai 6%.

Jalan tol Probowangi tahap 1 segmen Gending-Besuki nanti akan terkoneksi dengan jalan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) yang dikelola PT Waskita Tollroad.

Baca Juga: Hore! Pembangunan Jalan Tol IKN Terus Dikebut, Kini Telah Mencapai 56 Persen

Jumlah lalu lintas harian rata-rata LHR jalan tol Paspro mencapai 13.000 kendaraan per hari. Setelah terkoneksi, nantinya lalu lintas ini juga berpotensi melintas jalan tol Probowangi segmen Gending-Besuki.

Jalan tol Probowangi terbagi dari tujuh seksi, yaitu seksi 1 Probolinggo-Keraksaan sepanjang 12,88 km, seksi 2 Kraksaan-Paiton sepanjang 11,2 km, seksi 3 Paiton-Besuki sepanjang 25,6 km, seksi 4 Besuki-Situbondo sepanjang 42,3 km, seksi 5 Situbondo-Asembagus sepanjang 16,76 km, seksi 6 Asembagus-Bajulmati sepanjang 34,75 km dan seksi 7 Bajulmati-Ketapang sepanjang 29,71 km.

Jalan tol Probowangi tahap 1 segmen Gending-Besuki adalah ruas pamungkas dari jaringan jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan ujung barat hingga timur Pulau Jawa.

Tujuannya adalah meningkatkan konektivitas dan mempermudah mobilitas orang, barang.

Melalui ini, waktu tempuh Gending-Probolinggo-Besuki bisa dipangkas dari 1 jam 15 menit menjadi 30 menit.

Baca Juga: Zionis Curi Organ Tubuh Warga Gaza? Organisasi HAM: Israel Simpan Jenazah Palestina di Kuburan Massal Rahasia

Pembangunan jalan tol ini terdiri atas dua tahap konstruksi.

Tahap satu ini terbagi menjadi seksi satu, Gending-Kraksaan, seksi dua, Kraksaan-Paiton dan seksi tiga, Paiton-Besuki.

Secara keseluruhan tahap satu jalan tol Probowangi yang terdiri dari 3 seksi tersebut ditargetkan akan selesai konstruksi di bulan Desember 2024.

Adapun untuk tahap dua ruas Besuki-Banyuwangi ditargetkan akan selesai setelah tahun 2024, terdiri dari seksi Besuki-Situbondo, seksi 5 Situbondo-Asembagus, seksi 6 Asembagus-Bajulmati dan seksi 7 Bajulmati-Ketapang.

Kehadiran jalan tol Pamungkas di jalan tol Trans Jawa sangat dinantikan mengingat jalan tol ini akan menghubungkan Pelabuhan Merak di sisi barat Jawa dengan pelabuhan Ketapang di sisi timur.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat