bdadinfo.com

3 Proyek Inpres Jalan Daerah di Lampung Hampir Tuntas, Akhir Desember Sudah Bisa Dilalui? - News

3 proyek jalan inpres di Lampung sudah hampir tuntas

Pemerintah terus mengejar pembangunan jalan-jalan daerah melalui program Inpres Jalan Daerah (IJD).

Dengan anggaran sebesar Rp14,6 triliun untuk tahap I 2023 ini, Pemerintah fokus mengerjakan jalan yang menghubungkan kawasan industri dan sentra industri.

Lampung merupakan salah satu provinsi yang menjadi titik awal dimulainya program IJD ini bersama dengan Provinsi Jambi, Sumatera Utara, Bengkulu, dan Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Eksotisme Surga Tersembunyi! Keindahan Pulau Mandeh di Pelupuk Sumatera Barat, Tempat Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

Terdapat 3 proyek IJD yang sedang aktif dikerjakan di Lampung sejak Juli 2023 yang tersebar di 3 kabupaten, yaitu Kabupaten Pringsewu, Lampung Barat, dan Lampung Tengah.

Kegiatan IJD di Kabupaten Pringsewu tepatnya berlokasi di ruas Pardasuka Selatan - Tanjung Rusia Timur - Selapan, Kecamatan Pardasuka.

Pekerjaan proyek IJD ini dilaksanakan oleh PPK 2,1 Provinsi Lampung dengan panjang efektif 7,45 km.

Baca Juga: Waspada Pneumonia! Benarkah ASI Bisa Cegah Pneumonia pada Bayi?

Dengan rincian pekerjaan berupa rehabilitasi mayor sepanjang 600 m, rehabilitasi minor sepanjang 2,10 km, dan penanganan bahu diperkeras sepanjang 7,45 km.

Ruas jalan ini merupakan penghubung ibukota Kabupaten Pringsewu menuju Desa Selapan, sebagai salah satu desa penghasil cokelat.

Saat ini, jalan sepanjang 7,45 km telah terbangun dan sudah bisa dimanfaatkan oleh warga setempat untuk akses menuju ke kebun.

Baca Juga: Kenali Lebih dalam dengan EG 5, Varian Covid-19 yang Bikin Singapura Ketar-ketir

Proyek IJD kedua berlokasi di Kabupaten Lampung tepatnya di Kecamatan Lumbok Seminung yang merupakan penghasil kopi, alpukat, dan cokelat.

Selain itu, daerah Danau Ranau yang terletak di kecamatan ini juga merupakan penghasil nila terbesar di Lampung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat