bdadinfo.com

Sudah Tahu Belum? Ada 3 Flyover Dibangun di Sumatera Selatan, Salah Satunya Ditargetkan Rampung Tahun Ini - News

Ilustrasi pembangunan flyover Sumatera Selatan (pu.go.id)

- Kementerian PUPR bangun 3 flyover di Provinsi Sumatera Selatan guna meningkatkan konektivitas serta mengurai kemacetan.

Ketiga flover tersebut adalah Flyover Sekip Ujung, Flyover Gelumbang, dan Flyover Bantaian.

Kabar baiknya, salah satu dari ketiganya ditargetkan akan rampung di akhir tahun 2023 ini yaitu Flyover Sekip Ujung.

Baca Juga: Deretan 4 Gunung Berstatus Aktif di Sumatera, Salah Satunya Termasuk Gunung Berapi Tertinggi di Asia Tenggara

Flyover Sekip Ujung ini dibangun sudah sejak tahun 2022 lalu dengan panjang mencapai 660 meter.

Tujuan dari pembangunan flyover ini adalah untuk mengurai kemacetan yang terjadi di ruas Jalan Basuki Rahmat-Jalan R.Sukamto dan ruas Jalan Amphibi-Jalang Angkatan 66 Kota Palembang.

Adapun pengerjaan proyek ini dikerjakan oleh PPK 3.6 PJN 3, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sumatera Selatan, Ditjen Bina Marga dan PT Waskita-Kencana melalui Surat Berharga Syariat Negara senilai Rp152 miliar.

Baca Juga: Prioritaskan Transportasi Publik, IKN akan Diubah Menjadi ‘Ten-Minute City’, Apa Itu?

Selanjutnya untuk Flyover Gelumbang direncanakan memiliki panjang 700 meter dan diperkirakan akan memakan waktu pembangunan selama 16 bulan.

Tujuannya untuk memperlancar arus lalu lintas di sekitar kawasan rel kereta api di Jalan Lintas Palembang-Prabumulih Kabupaten Muara Enim.

Flyover ini juga menjadi penghubung Kabupaten Ogan Ilir/Kabupaten Muara Enim dengan Kota Prabumulih.

Baca Juga: Enam Badan Publik di Kabupaten Pesisir Selatan Lolos Tahap Presentasi pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Sumbar 2023

Flyover Bantaian juga dibangun di daerah atau kawasan perlintasan rel kereta api, tepatnya di Simpang Belimbing-Kabupaten Muara Enim.

Memiliki panjang mencapai 650 meter, flyover ini ditujukan untuk mengurai antrian kendaraan pada saat kereta api melintas, yaitu setiap 15-20 menit sekali.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat