bdadinfo.com

Ternyata Jembatan Istimewa di Tol Bangkinang-Pangkalan Jumlahnya Ada 3, Jadi yang Pertama dan Belum Ada Tandingannya di JTTS - News

Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan seksi Bangkinang-Koto Kampar di Riau yang diketahui memiliki 3 jembatan, salah satunya dibangun dengan unibridge pertama di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) (Instagram: wika.tol.bangkinang.pangkalan)

- Salah satu ruas jalan tol penghubung antara Provinsi Riau dan Sumatera Barat dikabarkan akan segera tuntas pembangunannya.

Jalan tol tersebut merupakan Jalan Tol Bangkinang Pangkalan yang menjadi salah satu seksi dari Jalan Tol Padang Pekanbaru.

Jalan Tol Bangkinang Pangkalan sendiri dibangun dalam dua tahap yang berlangsung di masing-masing wilayah pembangunan, Riau dan Sumatera Barat.

Baca Juga: Lokasinya Nggak Jauh dari Sumatera Barat! Proyek Hebat Jalan Tol Sepanjang 189 Km ini Rampung Cuma 16 Bulan saja, Sumbar Menganga Dibuatnya

Adapun jalan tol yang akan tuntas di akhir tahun 2023 ini adalah Jalan Tol Bangkinang Pangkalan seksi Bangkinang - Koto Kampar yang ada di wilayah Riau.

Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar ini memiliki panjang lintasan sekitar 24,7 km dan dibangun sejak tahun 2019 silam.

Ada hal yang menarik dari salah satu seksi Jalan Tol Padang Pekanbaru satu ini, yaitu keberadaan jembatan istimewa.

Baca Juga: Selain Jadi Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Ternyata Proses Pembangunannya juga Paling Cepat dalam Sejarah: Sumatera Punya nih!

Diketahui, bahwa Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar memiliki jembatan istimewa yang juga merupakan jembatan pertama yang hadir dalam rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Tentunya, jembatan istimewa Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar bukanlah jembatan biasa pada umumnya, karena jika hanya soal itu, maka proyek Jalan Tol Trans Sumatera lainnya pun juga hadir dan memiliki jembatan.

Lantas jembatan istimewa seperti apakah yang ada di  Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar dan belum ada pada proyek Jalan Tol Trans Sumatera lainnya?

Baca Juga: 5 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, 3 Teratas Ada di Pulau Sumatera dan  Bagian dari Mega Proyek JTTS: Jauhnya Minta Ampun!

Yaitu jembatan layang yang berdiri di atas lembah curam sedalam 30 meter di tanah Kampar yang ikonik.

Jembatan layang tersebut memiliki panjang 500 meter dan sengaja dibangun di atas lembah Kampar yang curam. Jembatan ini pun memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat