bdadinfo.com

Selain Jadi Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Ternyata Proses Pembangunannya juga Paling Cepat dalam Sejarah: Sumatera Punya nih! - News

Ilustrasi jalan tol terpanjang diIndonesia ynag diketahui pembangunannya juga menjadi yang paling cepat dalam sejarah (Dok: Kementerian PUPR)

- Proyek pembangunan infrastruktur jalan tol tengah menjadi salah satu fokus utama dari Pemerintah indonesia.

Sejumlah pembangunan infrastruktur jalan tol dilaksanakan di sejumlah daerah dan tidak hanya terbatas pada Pulau Jawa saja.

Pulau Sumatera bahkan tengah disibukkan dengan mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang direncanakan akan membentang sepanjang 2,800 km jauhnya.

Baca Juga: 5 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, 3 Teratas Ada di Pulau Sumatera dan  Bagian dari Mega Proyek JTTS: Jauhnya Minta Ampun!

Menariknya, salah satu ruas jalan tol bagian dari mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera ini mengukir sebuah prestasi yang sensasional.

Capaian tersebut mengenai panjang lintasan jalan tol yang sampai artikel ini diturunkan, berstatus sebagai jalan tol terpanjang di Indonesia.

Tidak hanya berhenti sampai itu, selain menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia, jalan tol rangkaian JTTS ini juga dibangun dengan waktu yang paling cepat.

Baca Juga: Asyik! Titik Terakhir JTTS yang ada di Jambi Kini akan Diperpanjang sampai Riau, Begini Progres Terbarunya

Dalam sejarah pembangunan infrastruktur Indonesia, tidak ada proyek jalan yang jauh lebih cepat pembangunannya jika dibandingan dengan jalan tol satu ini.

Pembangunannya dimulai pada bulan Juli 2018 dan secara resmi beroperasi pada November 2019. 

Tentunya, prestasi ini sangat  luar biasa dan membanggakan khususnya bagi masyarakat Pulau Sumatera itu sendiri.

Baca Juga: Riau dan Jambi Sebentar Lagi akan Tersambung, Dana Rp23 Triliun Siap Bangun Tol Penghubung di Tahun 2024 

Lantas jalan tol manakah yang menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia dan pembangunannya paling cepat dalam sejarah infrastruktur Indonesia?

Jalan tol tersebut adalah Jalan Tol Terbanggi Besar Pematang Panggang Kayu Agung, salah satu ruas jalan tol awal pada mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat