bdadinfo.com

5 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, 3 Teratas Ada di Pulau Sumatera dan  Bagian dari Mega Proyek JTTS: Jauhnya Minta Ampun! - News

Ilustrasi jalan tol terpanjang di Indonesia, 3 teratas berada dalam rangkaian mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) (Dok: Kementerian PUPR)

- Indonesia saat ini tengah dalam upaya pembangunan infrastruktur yang masif.

Sejumlah pembangunan infrastruktur banyak dilakukan di sejumlah daerah, salah satunya pada proyek jalan tol.

Beberapa ruas jalan tol yang telah tuntas pembangunannya diketahui dibangun dengan sangat baik, begitu megah dan memiliki panjang yang luar biasa.

Baca Juga: Asyik! Titik Terakhir JTTS yang ada di Jambi Kini akan Diperpanjang sampai Riau, Begini Progres Terbarunya

Berikut 5 (lima) ruas jalan tol yang telah beroperasi dan memiliki panjang lintasan terpanjang se-Indonesia, dimana 3 (tiga) teratas ditempati oleh proyek-proyek dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), diantaranya:

  1. Jalan Tol Balikpapan - Samarinda

Jalan tol Balikpapan Samarinda berada di Pulau Kalimantan tepatnya berada di Provinsi Kalimantan Timur. 

Jalan tol ini memiliki total panjang 99 km dan menjadi tol terpanjang kelima di seluruh wilayah Indonesia. 

Baca Juga: Riau dan Jambi Sebentar Lagi akan Tersambung, Dana Rp23 Triliun Siap Bangun Tol Penghubung di Tahun 2024 

Jalan tol ini dimulai pembangunannya pada tahun 2011 dan tuntas sepenuhnya serta diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Selasa 24 Agustus 2021.

Kehadiran Jalan Tol Balikpapan - Samarinda mampu memangkas waktu tempuh perjalanan dari Balikpapan ke Samarinda hingga 2 jam. 

Jalan Tol Balikpapan - Samarinda memiliki empat gerbang tol antara lain Gerbang Tol Manggar, Gerbang Tol Karang Joang, Gerbang Tol Samboja dan Gerbang Tol Palaran. 

Baca Juga: Riau kok Mau Dilawan! Salah Satu Proyek Tol Terpanjang JTTS ini Bakal Segera Hadir, Dana Siap Tinggal Eksekusi Tahun 2024

  1. Jalan Tol Cikampek - Palimanan 

Jalan Tol Cikampek Palimanan atau yang dikenal dengan nama Jalan Tol Cipali memiliki total panjang 116 km dan menjadi jalan tol terpanjang keempat di Indonesia. 

Jalan tol ini berada di Provinsi Jawa Barat dan telah beroperasi sejak tahun 2015. Adapun daerah yang dilintasi oleh Jalan Tol Cipali ini meliputi daerah Cikopo, Subang, Purwakarta, hingga berakhir di Palimanan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat