bdadinfo.com

Inilah Perkembangan dari Jalan Tol Bangkinang - Pangkalan 1 yang akan Segera Dibuka, Sampai Mana Progresnya? - News

Progres pembangunan Jalan Tol Bankinang-Pangkalan (hutamakarya.com)

- Memasuki awal Desember 2023, ada beberapa perkembangan baru tentang Jalan tol Padang - Pekanbaru yang sudah hampir jadi dan siap digunakan oleh pengendara.

Sebagai bagian dari Proyek Jalan tol Trans Sumatera (JTTS), tentu dengan adanya Tol di Sumatera Barat - Riau diharapkan akan memberikan dampak positif bagi Pariwisata dan Ekonomi.

Sudah ada beberapa bagian Jalan tol yang sudah bisa dilintasi oleh pengendara seperti Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 5 & 6 Blang Bintang – Kuto Baro 12,71 Kilometer, Jalan Tol Indralaya - Prabumulih dengan jarak sekitar 63,5 Kilometer.

Baca Juga: Heboh! Nyamuk Wolbachia Dianggap Sebagai Solusi untuk Demam Berdarah, Beberapa Wilayah Ini Merasakan Manfaatnya

Lalu masih ada Jalan Tol Binjai - Langsa Seksi Stabat - Kwala Bingai 7,55 Kilometer, Jalan Tol Indrapura - Limapuluh 15,15 Kilometer, Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura 22,85 Kilometer dan Indrapura - SS Indrapura 5,45 Kilometer.

Namun baru-baru ini, Jalan tol Bangkinang - Pangkalan tahap 1 sepanjang 24,7 kilometer, sejauh ini telah mencapai 88,58 persen dan akan ditargetkan selesai pada Desember 2023.

Jalan Tol yang merupakan bagian dari Ruas Pekanbaru - Padang tersebut, bermanfaat untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar utama di sekitar pintu masuk dan keluar jalan tol.

Baca Juga: Ungkapan Rasa Bahagia Luhut Panjaitan saat Pelantikan Maruli Simanjuntak Sebagai KSAD, Haru!

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Muhammad Iqbal juga menyampaikan apresiasi atas kualitas para pekerja, yang telah membangun bagian dari Jalur tol Sumatera hingga saat ini.

"Sudah dilihat bersama-sama dan pekerjaan sudah bagus, diharapkan dalam waktu dekat Jalan tol ini bisa terealisasi sambungan jalan tol yang menghubungkan Provinsi Riau dan Sumatera Barat," ungkap Iqbal, sebagaimana dikutip dalam ungkapan yang disampaikan pada Senin, 20 November 2023.

Dengan adanya pembangunan ruas jalan tol Pekanbaru - Padang, yang menghubungkan antara Provinsi Riau dengan Provinsi Sumatera Barat, diharapkan mampu membuka akses dan peluang bagi wisatawan domestik maupun internasional untuk mengunjungi akses wisata.

Baca Juga: Presiden Jokowi Beri Peringatan Terhadap PKS Soal Pembangunan IKN: Sudah Ada Aturan dalam UU

Salah satu akses wisata bisa dikunjungi oleh wisatawan yang berada di kedua wilayah tersebut, adalah situs cagar budaya yang ada di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

"Proses pembangunan dilakukan secara bertahap, apalagi menghubungkan antar dua provinsi, dan kita berharap persoalan lahan yang sudah disampaikan hampir selesai, sehingga diharapkan bisa selesai oleh Pemda supaya pembangunan kembali dilanjutkan," tambahnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat